Uncategorized

Yuk, Intip Jenis Alat Musik Suling Menurut Penggunaan dan Ukurannya

 

Pada umumnya, suling terbuat dari bambu dengan bentuk bulat panjang seperti pipa. Pada bagian batangnya terdapat enam lubang yang disebut lubang pengatur nada. Tahukah Anda bahwa suling juga memiliki jenis yang disesuaikan dengan penggunaan dan ukurannya? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini!

Pengelompokan Suling di Indonesia

  1. Suling Pagongan

Suling satu ini dapat dikategorikan sebagai alat musik suling yang umum dikenal masyarakat, karena selalu berkaitan dengan penggunaannya sebagai barungan atau Gong Kebyar. Barungan atau Gong Kebyar banyak dikenal, dipelajari dan telah dimiliki oleh hampir sebagian besar masyarakat banjar atau masyarakat desa adat di Bali.

  1. Suling Pagambuhan

Suling dengan jenis pagambuhan merupakan jenis alat musik yang memiliki ukuran yang besar diantara jenis suling lainnya. Suling jenis ini juga sering berperan untuk instrumen pembawa lagu atau gending. Suling Pagambuhan memiliki oktaf suara yang paling rendah jika dibandingkan dengan suling jenis lain, selain itu juga memiliki teknik permainan yang rumit.

  1. Suling Paarjan

Suling jenis Parjaan memiliki fungsi yang cukup beragam. Berfungsi sebagai pengiring suatu tembang dalam Dramatari Arja. Suling Paarjan juga berfungsi untuk pembawa melodi. Pembawa melodi yang dimaksud disini yaitu sebagai instrumen pembukaan untuk memulai petangkilan dalam suatu adegan drama tertentu.

  1. Suling Pajangeran

Jenis suling satu ini memiliki fungsi ganda, yakni berfungsi sebagai pemanis lagu serta sebagai pemberi standar nada. Suling Pajangeran sering digunakan dalam Tari Janger. Penggunaan suling ini berfungsi untuk memberikan keutuhan dan keajegan lagu yang dinyanyikan pada saat seni pertunjukan Tari Janger.

Itu tadi informasi mengenai jenis suling yang ada di Indonesia. Jenis yang disebutkan diatas hanyalah beberapa jenis suling yang ada di Indonesia. Kebanyakan dari suling tersebut memiliki peran atau manfaat menjadi instrumen pengiring dalam seni pertunjukan seni tari di Indonesia serta musik pemanis pada tembang-tembang tradisional.