Rumah

Tips Memilih Warna Gorden Untuk Rumah Minimalis

Gorden merupakan potongan kain tekstil yang biasanya digunakan untuk menghalangi cahaya. Gorden atau yang biasa disebut dengan nama tirai ini pada umumnya digantung pada bagian dalam jendela suatu bangunan. Tujuannya untuk menghalangi masuknya cahaya. Selain untuk mengalangi cahaya, gorden ini juga digunakan untuk mencegah orang luar melihat bagian dalam rumah.

Lantas apa itu saja kegunaan dari gorden? Selain untuk mengatur kualitas dan kuantitas cahaya dan mencegah orang luar melihat dalam rumah, gorden ini memiliki beberapa fungsi lainnya, seperti:

Elemen dekoratif menambah nilai estetik

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa gorden sangat berpengaruh pada tampilan estetika ruang. Hal ini dikarenakan porsi pernutup jendela cukup besar.sehingga menyita perhatian siapapun orang yang masuk ke dalam ruangan dan melihat ke dalam ruangan tersebut.

Memberikan rasa nyaman di dalam rumah

Warna, motif dan model yang dimiliki gorden ini juga dapat mempengaruhi mood setiap penghuni rumah maupun tamu. Maka dari itu, beda warna gorden, maka beda pula mood yang ditimbulkan gorden tersebut. Misalnya, gorden berwarna orange.Gorden orange ini dapat membangkitkan semangat dan suasana hati yang hangat dan menyenangkan.

Kemudian gorden biru dapat menciptakan efek yang menenangkan dan cenderung dingin. Selain warna, motif pada gorden juga dapat mempengaruhi mood seseorang. Misalnya saja motif Bunga dan garis. Motif ini dapat menimbulkan kesan lembut dan feminism sedangkan garis sendiri bersifat tegas dan cenderung maskulin.

Istilah pengertian gorden ini sangat dibutuhkan agar Anda dapat menentukan gorden yang tepat bagi rumah yang Anda idamkan, baik itu rumah minimalis maupun rumah dengan ukuran yang besar. Setelah Anda mengetahui pengertian dari gorden, sekarang saatnya Anda mengetahui komponen-komponen pendukung gorden. Pada umumnya semua pendukung gorden antara lain:

  • Badan gorden merupakan bagian gorden yang digunakan untuk menutupi pintu maupun jendela. Badan gorden ini dapat dibelah kiri, tengah, maupun kanan.
  • Vitrage merupakan kain gorden transparan. Vitrage ini berfungsi untuk menutupi jendela di saan badan gorden Anda buka.
  • Rei gorden merupakan tempat untuk mengaitkan gorden dan vitrage.
  • Tassel gorden merupakan bagian tali pengikat gorden sewaktu di buka
  • Handle atau hook gorden merupakan tempat untuk mengaitkan tali atau tassel gorden.
  • Renda merupakan hiasan yang sangat dibutuhkan pada bagian dan poni gorden

Nah, bagi Anda yang memiliki rumah minimalis, tentu saja pemilihan gorden perlu Anda pertimbangkan. Sebab, gorden untuk rumah minimalis, berbeda dengan gorden untuk rumah yang besar. Tentu Anda tidak ingin tampilan ruangan minimalis yang Anda miliki menjadi terasa sempit dengan desain interiror gorden yang tebal dan besar bukan? Lantas bagaimana tips memilih gorden untuk rumah minimilis?

Pemilihan gorden di setiap rumah tentunya disesuaikan dengan bentuk jendela serta ukuran dari jendela tersebut. Selain itu, jenis material dan tingkat transparasinya juga menjadi pertimbangan penting sebelum Anda memilih warna yang cocok untuk menghiasi rumah minimalis yang Anda miliki. Pada umumnya terdapat 3 tingkatan material gorden berdasarkan tipis dan tebalnya, yaitu:

Vitrase

Vitrase merupakan jenis material gorden dengan tingkat transparasi yang paling tinggi.Jenis material ini termasuk material yang tembus pandang. Sehingga jika Anda memasangnya di jendela rumah, maka cahaya matahari akan tetap bisa menembus ke dalam rumah Anda. Selain itu, vitrase tidak dapat memberikan privasi yang cukup bagi Anda dan keluarga Anda.

Semi blackout

Semi blackout merupakan jenis material gorden yang banyak digemari. Hal ini dikarenakan, semi blackout ini memiliki tingkat ketebalan yang cukup dan masih memiliki tingkat transparasi yang rendah. Sehingga cahaya matahari tetap akan menembus jendela rumah Anda. Terdapat beberapa keunggulan yang dimiliki semo blackout ini.

Keunggulan-keunggulan tersebut yaitu meskipun cahaya matahari tetap akan menembus jendela, namun cahaya tersebut tidak akan menyilaukan mata Anda. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan cukup privasi, sebab semi blackout ini tidak terlalu tembus pandang jika dilihat dari luar jendela.

Blackout

Material terakhir yaitu blackout. Blackout ini merupakan jenis material gorden yang paling tebal dan tidak memiliki transparasi. Jadi, jika Anda membutuhkan tingkat privasi yang tinggi, blackout ini sangat cocok dipasang pada jendela ruangan Anda.

Nah, setelah Anda mengenal ketiga tingkatan material gorden, sekarang saatnya Anda memperhatikan beberapa hal penting sebelum Anda memutuskan untuk memilih dan memasang gorden. Beberapa hal tesebut anatara lain:

Lakukan pengukuran terhadap jendela rumah

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu Anda harus melakukan pengukuran terhadap jendela ruangan Anda. Ukurlah dengan seksama panjang dan lebar dari setiap jendela yang terdapat pada ruangan-ruangan yang ada di dalam rumah Anda. Jika, Anda melakukan kesalahan pada saat pengukuran. Maka dapat mengurangi nilai estetika dari ruangan Anda.

Memilih gorden yang diinginkan

Selanjutnya yaitu memilih desian model gorden yang Anda inginkan. Setiap orang pasti memiliki selera dan keinginan yang berbeda-beda untuk mempercantik rumah minimalis Anda. Sehingga pemilihan model ini menjadi sangat penting. Pada dasarnya terdapat tiga piliham model gorden. Ketiga model gorden yang dapat Anda pilih yaiyu single panel, panel pair, dan window treatmen set.

Single panel merupakan model gorden yang hanya dapat ditarik dari satu arah saja. Kemudian panel pair merupakan model gorden yang dapat ditarik dari dua arah yang berlawanan. Sedangkan window treatment set merupakan model klasik dari gorden.

Sesuaikan pilihan warna dengan konsep ruangan

Setelah itu, sesuaikan pilihan warna dengan desain interior yang Anda usung. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa pemilihan warna pada gorden dapat mempengaruhi mood atau suasana hati dari orang yang tinggal di ruangan tersebut. Maka dari itu, sebaiknya Anda lebih jeli dalam memilih warna di setiap ruangan Anda.

Pilihan pengait

Yang terakhir yaitu pemilihan pengait gorden. Pemilihan pengait ini dapat dipercaya memberikan kesan elegan pada setiap ruangan. Terdapat empat jenis pengait yang dapat Anda pilih. Keempat jenis pengait tersebut yaitu track, smoke ring, tab top, dan ring.

Berbicara mengenai warna dari gorden untuk rumah minimalis, pastinya akan membuat Anda bingung. Sebab, Anda tidak mengetahui warna seperti apa yang cocok untuk ruangan yang ada di dalam rumah minimalis Anda. Nah, bagi Anda yang masih bingung memilih warna gorden, berikut ini tips memilih warna gorden untuk rumah minimalis yang akan saya berikan kepada Anda.

Warna netral

Warna netral, seperti krem dan putih mungkin menjadi pilihan yang populer untuk rumah minimalis. Hal ini dikarenakan warna-warna netral tersebuh dianggap merupakan jenis warna yang mudah membaur dengan konsep maupun tema dari ruangan. Agar tidak terkesan membosankan, Anda dapat menambahkan pola stipes untu membuat kesan visual yang lebih menarik.

Anda juga bisa mengkombinasikan warna netral tersebut. Misalnya, warna krem yang nertal dan kombinasi tirai tipis putih. Nah kombinasi warna tersebut sangat cocok dipadupadankan dengan furniture dengan berbagai warna, seperti furniture dari kayu maupun sofa berwarna abu-abu.

Warna yang senada dengan dinding rumah

Selain netral, Anda juga dapat memilih warna gorden yang senada dengan warna dinding rumah Anda. Dengan warna gorden yang senada dengan warna dinding akan membuat ruangan yang Anda miliki terasa lapang. Selain itu, warna ini juga cocokbagi  Anda yang menyukai desain interior dengan konsep yang sederhana namun tetap elegan.

Warna emas atau gold

Anda juga dapat memasang gorden berwarna emas untuk ruangan Anda jika Anda ingin nuansa rumah yang elega tanpa terkesan berlebihan. Pilihlah gorden berwarna emas yang agak transparan.

Warna pastel

Jika ruangan Anda berkonsep klasik, Anda dapat memasang gorden berwarna pastel. Selain memberikan kesan klasik pada sebuah ruangan, warna pastel ini juga dapat memberikan ketenangan pada setiap orang yang ada di dalam ruangan tersebut.

Warna cerah

Anda juga bisa menggunakan gorden untuk ruangan minimalis Anda dengan warna yang cerah. Warna cerah pada gorden ini dapat memberikan kesan ceria pada sebuah ruangan. Sehingga gorden dengan warna cerah ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai penambah dekorasi ruang tamu, ruang keluarga, maupun kamar tidur Anda.

Selain melakukan tips memilih warna gorden untuk rumah minimalis yang Anda miliki, Anda juga harus menentukan jenis gorden yang akan Anda pasang pada ruangan Anda. Nah, berikut ini beberapa rekomendasi gorden untuk rumah minimalis yang Anda miliki.

Gorden minimalis bertekstur

Untuk mempercantik ruangan yang ada di dalam rumah minimalis yang Anda miliki. Anda bisa memilih gorden dengan tekstur. Meskipun tidak terlalu mencolok, tekstur pada gorden ini dapat memberikan unsur dekorasi pada rumah Anda.

Gorden bermotif

Gorden dengan motif juga dapat dijadikan pilihan Anda. Anda bisa memilih warna dan motif gorden yang sesuai untuk ruangan yang ada di rumah minimalis yang Anda miliki. Dengan memilih gorden bermotif ini dipercaya dapat mempercantik ruangan Anda. Namun, jangan pilih motif yang terlalu ramai.

Motif yang ramai justru akan memberikan kesan yang aneh pada ruangan Anda. Selain itu, padukan juga desain gorden dengan furniture yang ada di ruangan Anda agar senada.

Gorden blacklout

Jika Anda ingin memiliki ruangan yang terasa nyaman, maka gorden blackout bisa menjadi pilihan yang cocok untuk Anda. Sebab, gorden ini bisa menahan cahaya matahari masuk ke dalam rumah.sehingga rumah Anda akan lebih terasa sejuk. Selain itu, gorden blackout ini juga dapat memberikan privasi untuk Anda dan keluarga.

Gorden roller blind

Jika Anda ingin menampilkan gorden yang tidak monoton, gorden roller blind ini bisa menjadi pilihan yang cocok untuk Anda. Gorden roller ini memiliki bentuk unik yang dilengkapi dengan roller penggulung yang mudah untuk Anda operasikan. Gorden roller blind ini hadir dengan warna netral polos dan warna netral yang bermotif dengan desain yang artistic.

Satu hal yang paling penting dalam membeli gorden yaitu budget. Sesuaikan budget dengan pilihan model yang Anda inginkan. Jika budget yang Anda punya tidak mencukupi dengan model gorden yang Anda inginkan, maka janganlah terlalu terburu-buru. Atau Anda bisa mencari gorden tersebut yang sesuai dengan budget yang Anda punya, misalnya melalui online shop maupun toko terdekat lainnya.