Islam

Tips Memakai Jilbab Panjang

 

Model atau jenis jilbab yang banyak membuat perempuan dapat memilih mana yang cocok sesuai dengan keinginannya. Namun yang akan dibahas disini adalah jilbab dengan model panjang atau biasa disebut pashmina. Pemakaian jilbab panjang tentu memiliki cara dan tipsnya sendiri. Untuk Anda yang sedang mencari tips dan cara memakai jilbab panjang, maka tepat sekali karena disini akan diberikan penjelasannya. Oleh karenanya, berikut kami akan menyampaikan penjelasan tentang tips memakai jilbab model panjang.

4 Tips Memakai Jilbab Panjang

Keterampilan dalam memakai jilbab pada kaum hawa muslimah pada sekarang ini sangat dibutuhkan. Karena dengan banyaknya jenis jilbab dan cara pemakaian yang berbeda juga tentunya. Salah satunya yaitu cara memakai jilbab model panjang yang akan kami jelaskan disini. Tentunya sebelum Anda bisa memakai jilbabnya, pasti sudah mengetahui cara pemakaiannya terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa tips memakai jilbab model panjang beserta penjelasannya juga.

 

  1. Meletakkan Jilbab Lebih Panjang Sebelah Kanan

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk memakai jilbab model panjang adalah dengan menaruh jilbab lebih panjang di bagian kanan. Tunik Brokat tentunya ciput sudah dipakai dahulu sebelum mulai menyusun jilbabnya. Setelah meletakkan jilbab yang sudah dipakaikan ciput kemudian mulai meletakkan jilbab dengan posisi lebih panjang di sebelah kanan. Lalu menarik bagian tepi kanan dan kiri yang sejajar dengan leher. Kemudian menarik sampai bagain leher belakang dan tetap mengusahakan agar jilbab tetap menempel dengan baik. Jika sudah melakukan cara ini selanjutnya mengikatnya dengan jarum pentul atau peniti pada bagian belakang leher. Setelah itu, tarik ujung jilbab yang pendek menuju sebelah kiri dan diberi jarum pentul atau peniti juga. Langkah terakhir yaitu letakkan ujung hijab yang panjang menuju pundak dan diuraikan.

 

2.        Meletakkan Jilbab Sama Panjang Kanan Kiri

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan ketika ingin memakai jilbab model panjang adalah meletakkan jilbab sama panjang antara kanan dan kiri. Setelah meletakkan jilbab sama panjang pada kedua bagiannya kemudian menarik kedua bagian yaitu kanan dan kiri sejajar dengan leher bagian belakang. Lalu tarik  bagian leher belakang dan usahakan jilbab tetap menempel pada jidat agar peniti mudah ditaruh bagian belakang leher Anda. Kemudian sampirkan ujung jilbab sebelah kiri menuju sebelah kanan. Selanjutnya yaitu dengan sengaja membiarkan bagian kanan diurai.

3.        Sampirkan Ujung Hijab Kiri Ke Sebelah kanan

Cara selanjutnya yaitu dengan menyampirkan ujung hijab sebelah kiri menuju sebelah kanan. Anda cukup meletakkan hijab lebih panjang sebelah kanan kemudian tarik saja bagian tepi kanan dan kiri dengan sejajar menuju leher belakang. Selanjutnya mengusahakan jilbab untuk selalu menempel pada dahi agar bisa disisipkan peniti atau jarum. Kemudian tarik bagian kiri ujung yang panjang menuju atas kepala sama seperti saat menggunakan hijab segi empat. Lipat bagian kiri dan kanan sesuai yang Anda inginkan dan sampirkan ujung hijabnya pada bagian kiri menuju pundak kanan..

4.      Membentuk Kepalan Pada Bagian Kiri

Cara dan langkah terakhir yang dapat digunakan untuk memakai jilbab bentuk panjang yaitu dengan membentuk kepalan pada bagian kiri. Caranya sama seperti pada bagian nomer tiga namun sampai dengan menarik ujung kiri yang panjangnya saja. Setelah itu caranya berbeda dengan yang nomor tiga karena akan melipat bagian kiri sehingga membentuk kepalan.

Pembahasan mengenai tips memakai jilbab model panjang sudah kami jelaskan dengan empat caranya tersebut. Tentunya setelah menyimak penjelasan kami, Anda tidak kesulitan lagi apabila akan menggunakan jilbab panjang untuk dipakai.