Wisata

Tempat Wisata Terindah di Jawa Barat yang Bikin Betah

Jawa Barat merupakan kawasan di Indonesia yang dianugerahi bentang alam yang memesona. Dari gunung hingga pantainya menyajikan panorama yang menakjubkan. Jika ingin merasakan suasana berbeda, cobalah datangi tempat wisata terindah di Jawa Barat berikut ini. Dijamin, Anda akan betah berlama-lama di sana.

5 Tempat Wisata Terindah di Jawa Barat

Sebenarnya, ada banyak sekali tempat wisata indah di Jawa Barat yang sudah terkenal. Sebut saja Kawah Putih di Bandung atau Gunung Pancar di Bogor. Nah, 5 tempat wisata terindah di Jawa Barat termasuk masih jarang dikunjungi sehingga akan membuat Anda lebih puas mengeksplorasi pesonanya.

1. Gunung Papandayan Garut

Bagi para pendaki pemula, Gunung Papandayan Garut ini sangat tepat untuk didaki. Hanya dibutuhkan waktu 2 jam untuk bisa mencapai camping ground. Anda akan terpesona menyaksikan padang bunga edelweiss terluas di Jawa Barat.

Bersiaplah juga untuk takjub menyaksikan sang mentari yang menampakkan diri di awal hari dan Hutan Mati yang eksotis. Merupakan bekas hutan yang terbakar habis akibat letusan gunung, pemandangan batang-batang pohon yang sudah mati justru menyajikan pesona tersendiri.

2. Taman Nasional Ujung Kulon

Kalau Anda ingin mendapatkan banyak objek wisata indah di satu tempat, Taman Nasional Ujung Kulon tempatnya. Anda bisa menikmati pesona pantai sekaligus surga bawah air di Pulau Peucang yang kerap disebut Dream Island saking indahnya.

Lalu, ada Padang Penggembaaan Cidaon, tempat Anda bisa melihat banteng yang tengah merumput. Sementara di Padang Penggembalaan Cibunar, Anda bisa menyaksikan aneka burung.

Jangan lewatkan pula Pulau Panaitan bagi Anda yang suka berselancar atau Pulau Handeleum untuk Anda yang senang menjelajah hutan bakau. Satu lagi yang wajib Anda datangi adalah Curug Cikacang, habitat owa Jawa

3. Situ Gunung Sukabumi

Di tempat yang tak jauh dari Jakarta, ternyata ada surga tersembunyi yang pasti membuat Anda tak ingin kembali ke keramaian kota. Keheningan di tengah hutan dengan danau bening nan indah akan membuat Anda ingin selamanya berada di sana.

Pesona ini terletak di kaki Gunung Gede dan masih termasuk kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Anda bisa mengelilingi danau menggunakan perahu dayung sambil menikmati suara-suara alam nan merdu.Untuk bisa berlama-lama di sini, Anda bisa berkemah datu menginap di vila yang tersedia.

4. Pulau Biawak Indramayu

Kalau di Nusa Tenggara Timur ada Pulau Komodo, di Jawa ada objek wisata yang juga dihuni kadal raksasa, yaitu Pulau Biawak di Indramayu. Dulunya, habitat alami biawak ini merupakan tempat penelitian milik pemerintah, tetapi sekarang dibuka untuk umum.

Memang, perlu keberanian untuk menjelajahi pulau ini. Anda harus waspada ketika bertemu dengan penghuninya karena biawak suka menggigit atau mengibaskan ekornya.

Namun, pemandangan di pulau ini memang sangat menggoda. Ada hamparan pasir putih dan air laut yang membiru, panorama bawah laut dengan terumbu karang dan ikan warna-warni yang menakjubkan, dan mercusuar kuno yang bisa dinaiki untuk memandang seluruh pulau Luar biasa!

5. Cukang Taneuh Pangandaran

Jika berwisata ke Pantai Pangandaran dirasa sudah terlalu mainstream, Anda bisa memilih untuk menikmati keeksotisan lain yang ada di kawasan ini. Pesona tempat ini rupanya begitu memukau dan mirip dengan Grand Canyon di Amerika sehingga juga dikenal dengan sebutan “Green Canyon”.

Cukang Taneuh yang berarti “jembatan tanah” adalah sebuah ngarai tempat Anda bisa merasakan sensasi petualangan menyusuri aliran sungai yang berkelok-kelok di antara tebing batu berlapis tumbuhan hijau.

Perjalanan akan berakhir di sebuah titik tempat terdapatnya tumpukan batu. Anda bisa memanjatnya untuk kemudian menjatuhkan diri ke sungai yang mengalir dan membiarkan tubuh Anda terbawa aliran sungai Akhiri petualangan Anda dengan kembali menyusuri sungai sambil menanti sunset.

Untuk mengunjungi tempat wisata terindah di Jawa Barat tersebut, sebaiknya Anda membawa kendaraan sendiri atau menyewa kendaraan. Untuk yang tinggal di Tangerang, Anda bisa memanfaatkan jasa rental mobil Tangerang lepas kunci supaya bisa lebih puas dan leluasa mengeksplorasi keindahannya.