Umum

Sudah Tahu Fungsi Amnion Pada Bayi? Simak Disini

 

Banyak sekali hal yang harus diketahui oleh ibu hamil mengenai berbagai hal yang mempengaruhi perkembangan bayi. Janin dalam kandungan ibu hamil pasti memiliki selaput yang melindungi bayi.  Membran ini sangat penting untuk diperhatikan oleh ibu hamil, mari mengenal beberapa fungsinya untuk janin dengan ulasan sebagai berikut.

Apa Fungsinya Pada Janin?

  1. Memberikan Nutrisi

Membran ini berupa selaput tipis yang melapisi ari-ari pada janin dalam perut ibu hamil selama masa kehamilan. Amnion memiliki lapisan epitel dan storma yang tidak mempunyai saraf dan pembuluh darah pada janin. Janin mendapatkan nutrisi yang masuk melalui difusi dari cairan membran ini di dalam rahim.

  1. Menjaga suhu dan pH

Fungsi amnion selanjutnya adalah memberikan ruang gerak pada janin dalam tubuh bunda. Fungsi homeostasisnya dapat membantu untuk menjaga keseimbangan suhu dan lingkungan asam-basa (pH) dalam rongga untuk suasana lingkungan yang baik bagi janin ibu hamil.

  1. Membantu Persalinan

Saat masa persalinan tiba, cairan ini mampu membersihkan atau melicinkan jalan lahir dengan cairan steril yang menjadikan bayi terlindung dari kemungkinan infeksi jalan lahir. Selain itu, berguna juga untuk menjaga keseimbangan tekanan dalam seluruh ruangan intrauterin.

Demikian beberapa hal mengenai membran pada janin yang perlu diketahui oleh ibu hamil. Pengetahuan yang bertambah akan lebih meningkatkan kehati-hatian anda selama masa kehamilan. Jaga terus kesehatan anda dan bayi anda dengan rutin untuk memeriksakan kehamilan pada bidan atau dokter.