Technology

4 Daftar Software Animasi 3D untuk Pemula

onesia merupakan salah satu negara yang masih sangat tertinggal dalam bidang animasi 3 dimensi akan tetapi bukan berarti kita harus menyerah. Kamu yang memiliki minat untuk membuat animasi 3 dimensi bisa memulainya dengan software di PC. Banyak sekali software animasi 3D untuk pemula yang bisa digunakan untuk latihan.

Daftar Software Animasi 3D untuk Pemula

Beberapa software tersebut bisa digunakan untuk latihan sekaligus bisa digunakan untuk membuat animasi yang lebih baik terus menerus. Nah, bagi kamu yang penasaran dengan softwarenya, ini dia daftarnya:


  1. Blender

Software pertama dan yang paling banyak direkomendasikan oleh para animator profesional adalah Blender. Aplikasi yang satu ini dianggap mudah untuk dipelajari oleh para animator pemula karena fiturnya yang tidak terlalu kompleks.

Blender ini merupakan aplikasi yang gratis sehingga lebih mudah digunakan oleh para pemula. Walaupun gratis, Blender juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang menarik seperti tools modeling, animating, motion tracking, bahkan hingga composing.


  1. Mixamo

Selanjutnya, ada aplikasi Mixamo yang bisa kamu gunakan untuk membuat animasi 3D dengan mudah dipahami. Software yang satu ini memiliki fitur-fitur yang sangat dasar sehingga lebih mudah untuk dipahami oleh para animator pemula.

Mixamo sendiri merupakan aplikasi yang terlihat biasa saja tapi karena tampilannya yang biasa saja tersebut akhirnya membuatnya mudah dipahami. Kesederhanaan tampilan menjadi kunci pemula untuk belajar dengan lebih cepat.

Mixamo sendiri adalah software yang cukup ringan sehingga bisa kamu gunakan untuk membuat animasi dengan sangat mudah. Dengan Mixamo, kamu dapat membuat segala animasi dengan bentuk apa pun. Mixamo memudahkan kamu untuk membuat sketsa kamu juga mudah untuk melakukan pengaturannya.


  1. KeyShot

Selanjutnya adalah KeyShot yang tak jauh berbeda dengan Mixamo. Aplikasi yang satu ini bahkan tak hanya bisa kamu gunakan untuk membuat animasi 3 dimensi saja melainkan bisa juga digunakan untuk membuat animasi 2 dimensi.

Ya, bagi kamu yang ingin belajar dari 2 dimensi terlebih dahulu maka KeyShot bisa jadi pilihannya. Setelah itu, kamu bisa membuat animasi 3 dimensi atau jika kamu berambisi juga dapat langsung belajar untuk animasi 3 dimensi.

KeyShot menjadi salah satu aplikasi yang punya banyak fitur seperti real time render quality, kontrol kamera, kaustik fokus, dan tekstur yang dinamis. Tentu saja dengan software ini kamu bisa membuat animasi mudah dan terlihat nyata.


  1. SketchUp

Software yang terakhir adalah SketchUp yang juga tak bisa lepas dari pembahasan software pembuat animasi 3 dimensi. Software yang satu ini sangat ideal digunakan oleh para animator untuk membuat desain yang terbaik.

Bagaimana tidak? Software yang satu ini memberikan banyak sekali pilihan fitur untuk membuat animasi kamu memukau. Software SketchUp sering digunakan oleh para desainer yang cukup berpengalaman sehingga bisa dikatakan mungkin akan lebih sulit bagi pemula dibanding software lainnya.

Tapi, sulit dan tidaknya penggunaan software sebenarnya tergantung pada kamu sendiri yang mau sering berlatih atau tidak. Jika kamu saja tak sering mengotak-atik fiturnya maka dari mana bisa dapat pengalaman?

Nah, itu dia daftar software animasi 3 dimensi yang bisa digunakan untuk para pemula. Daftar software di atas bisa kamu gunakan untuk membuat animasi bergerak dan dengan sederhana dan semuanya bisa menggunakannya. Untuk informasi mengenai berbagai jenis software lainnya jangan lupa untuk melihatnya hanya Nine Tekno.