Islam

Waktu Yang Tepat Untuk Sholat Taubat

Manusia adalah makhluk sosial yang tak bisa luput dari kesalahan, dengan berbagai dinamika dan problem yang dihadapinya, menjadikan seseorang rentan untuk salah dalam bertindak. Dalam agama islam dijelaskan, bahwa manusia diberikan keleluasaan, bisa berbuat baik dan bisa juga memilih untuk jahat. Oleh sebab itu, shalat taubat merupakan ibadah yang bisa digunakan untuk memohon ampunan bagi orang-orang yang menyesali kesalahanya.

Shalat taubat adalah ibadah yang digunakan untuk memohon pengampunan kepada allah swt. Oleh sebab itu, shalat taubat penting untuk dipelajari oleh kalangan umat muslim. Dengan segala keterbatasan manusia dalam kehidupan, kita sebagai manusia tak bisa menghindari suatu kehilafan, oleh karenanya lebih baik lagi apabila shalat taubat dilakukan setiap hari, seringkali sipasang jam digital untuk masjid sebagai penanda waktu shalat.

Berikut Waktu Yang Tepat Untuk Menjalankan Shalat Taubat, untuk itu mari simak deskripsi berikut.

Deskripsi Terkait Dengan Waktu Shalat Taubat

Pixabay.com
  • Waktu Siang Hari, Shalat taubat pada dasarnya boleh dilakukan pada siang hari, asalkan pelaksanaanya tidak pada waktu-waktu yang diharamkan seperti matahari yang tepat diatas kepala, menjelang magrip, dan lain seebagainya.
  • Waktu Sepertiga malam, sepertiga malam memiliki fadhilah yang luar biasa jika digunakan untuk beribadah. Kalangan ummat muslim banyak yang melakukan shalat taubat atau ibadah yang lainya pada sepertiga malam.
  • Lakukanlah shalat taubat disaat anda mengalami kerancuan urusan hidup,meskipun dalam ketentuanya shalat taubat boleh dilakukan kapan saja. Melakukan shalat taubat bermanfaat menjadikan hati dan jiwa anda lebih tenang dan mengurangi rasa setres.

Bagi orang muslim, menjalankan ibadah merupakan kewajiban bagi setiap orang yang beriman. Ibadah yang pertama harus dilaksanakan adalah ibadah wajib seperti shalat 5 waktu, baru setelah itu di imbangi dengan ibadah yang hukumnya sunah. Dalam konteks beribadah, akan lebih baik apabila keduanya bisa dilaksanakan dengan seimbang. Selain itu dalam hal ini juga ada pengecualiasn mengenai shalat taubat tersebut.

Pengecualian Dalam Shalat Taubat Bagi Orang-Orang Yang Menjalankanya

Pixabay.com
  • Shalat Taubat Bersamaan Shalat Wajib

Shalat taubat juga boleh dilaksanakan sebelum atau sesudah shalat lima waktu, artinya menyesuaikan keinginan anda. Didalam islam juga tidak menghususkan shalat taubat hanya untuk orang-orang yang memiliki banyak masalah, orang yang sedang baik-baik saja pun juga mendapatkan fadhilahnya yang luar biasa.

  • Shalat Taubat Yang Sia-Sia

Taubat yang paling dicintai allah adalah orang yang betul-betul taubat, artinya tidak mengulangi kesalahan yang sudah terjadi (taubatan nasuha). Allah swt memang memiliki sifat pengasih dan pemaaf, tetapi yang perlu dimengerti adalah, ia juga tidak mengampuni orang-orang yang ingkar atas perbuatanya. Meskipun kita melakukan shalat taubat, apabila masih mengulangi kembali kesalahan yang pernah terjadi, seara tidak langsung shalat taubat tersebut akan sia-sia.

  • Shalat Taubat Yang Kurang Baik

Seringkali terjadi kepada orang-orang yang menjalankan shalat sunnah di malam hari justru melalaikan shalat wajib yang 5 waktu. Sebagian orang berusaha bangun malam melaksanakan shalat sunnah, dan setelah itu karna mengantuk akhirnya shalat subuhnya terlewatkan. Terlewatkanya shalat subuh tersebut dikarnakan seseorang memburu shalat sunnah, otomatis shalat sunnahnya menjadi kurang afdhol.

Selamat menjalankan ibadah sunnah demi mengharap ridha dari allah swt, dan dosa-dosa kita bisa terampuni. Demikianlah artikel tentang shalat taubat yang dapat kami sampaikan, semoga dapat dapat memberikan informasi dan bermanfaat bagi yang membutuhkan, sekian dari kami dan terimakasih.