Uncategorized

Resiko Mengkonsumsi Ikan Asin untuk Ibu Hamil

Selama kehamilan, seorang wanita kadang kala merasa ingin mengkonsumsi makanan tertentu. Ikan asin menjadi salah satu jenis makanan yang ingin dikonsumsi oleh ibu hamil. Untuk ibu hamil, ikan asin menjadi jenis makanan yang masih aman untuk dikonsumsi oleh wanita hamil. Jumlah ikan asin yang dikonsumsi perlu diperhatikan dengan baik agar tidak berlebihan. Jika ibu hamil mengkonsumsi ikan hamil secara berlebihan, ada resiko yang akan ia hadapi nantinya.

Resiko mengkonsumsi ikan asin berlebih pada saat kehamilan yang pertama adalah tekanan darah yang meningkat. Ikan asin mengandung garam yang tinggi sehingga tekanan darah dapat meningkat. Bagi ibu hamil, tingginya tekanan darah bukanlah hal yang baik. Jika tekanan darah mengalami peningkatan, ibu hamil juga akan mengalami preeklampsia. Kondisi ini dapat memperburuk kondisi janin yang sedang dikandungnya. Karena dapat mengancam kesehatan bayi, ibu hamil sebaiknya menghindari mengkonsumsi ikan asin.

Resiko lainnya yang akan dialami oleh ibu hamil ketika mengkonsumsi ikan asin adalah mengalami pembengkakan pada kaki. Kandungan garam tinggi pada ikan asin memunculkan resiko pembengkakan kaki. Pembengkakan tersebut terjadi akibat cairan yang muncul akibat tingginya kandungan garam yang ada pada ikan asin. Mengkonsumsi ikan asin selama kehamilan juga dapat memberikan gangguan pada perkembangan janin. Perkembangan janin secara tidak langsung dapat terganggu, salah satunya adalah perkembangan ginjal bayi yang tidak baik.