Umum

Sebelum Jadi Relawan Acara Sosial, Perhatikan Hal-Hal Ini

Jika saat ini kamu tertarik menjadi relawan di berbagai kegiatan atau acara sosial, maka tentu saja ini menjadi kegiatan yang positif untuk dilakukan. Menjadi relawan tentunya banyak memberikan pengalaman maupun pelajaran hidup bagi semua orang yangmenjalaninya. Menjadi relawan artinya berbagi kebahagiaan. Jadi meskipun untuk mengikuti kegiatan sosial bisa dilakukan oleh siapa saja, tapi bukan berarti kamu bisa langsung ikut terjun ke bidang ini. karena ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum benar-benar masuk ke dunia kerelawanan ini.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menjadi Relawan di Acara Sosial

Sebelum menjadi seorang relawan tentu kamu harus memilih dengan bijak program yang ingin kamu ikuti nanti. Kamu juga harus tahu isu yang ingin kamu selesaikan. Jika kamu tidak bisa menjawabnya, artinya kamu belum tahu maksud dan tujuan kamu dalam mengikuti kegiatan sosial. Kamu harus punya tekat yang kuat jika ingin menjadi relawan. Kamu juga perlu melakukan riset di berbagai program yang ada. Ini bukan tentang memilih program yang kamu sukai saja tapi tentang apa yang bisa kamu berikan untuk mereka yang tengah membutuhkan. Akan lebih baik jika nanti kamu bisa menjadi relawan sesuai dengan bidang yang memang kamu kuasai supaya kamu puan bisa bekerja dengan maksimal nanti. Program atau acara bakti sosial sendiri ada banyak ragam jenisnya. Jadi kamu bisa pilih sesuai passion atau yang benar-benar kamu kuasai dan sukai.

Kemudian, jika kamu ingin banyak informasi soal menjadi relawan, kamu bisa cari orang-orang yang memang sebelumnya punya pengalaman menjadi relawan. Jika kamu punya jaringan yang luas dengan para relawan, tentu kamu semakin akan mendapatkan informasi lebih banyak tentang kesempatan untuk menjadi relawan. Kamu juga perlu belajar dari mereka yang memang sudah banyak pengalamannya karena ini penting supaya jika kamu sudah benar-benar terjun dan mengikuti semua kegiatan sosial, kamu tidak akan kaget atau terkejut. Kamu bisa dengarkan dulu cerita mereka tentang pengalamannya menjadi seorang relawan karena ini bisa menjadi inspirasi untuk kamu dan bahkan membuat kamu jadi lebih bersemangat lagi di dalam menjadi seorang relawan. Dan jika ingin menjadi relawan, maka kamu bisa lakukan pekerjaan ini dengan senang hati. Kamu harus keluarkan tenaga dan waktu tanpa mengharapkan balasan apapun. Karena jika kamu memutuskan untuk menjadi relawan, kamu harus pastikan jika kamu senang hati untuk melakukannya. Meski sulit memberikan waktu dan tenaga secara Cuma-Cuma, tapi kamu pasti akan merasakan manfaatnya ketika sudah benar-benar menjalankannya. Dan menjadi seorang relawan, kamu juga harus siap jadi orang baru dan mempelajari banyak hal baru. Kamu akan mendapatkan banyak pelajaran baru juga jadi tidak ada alasan untuk kamu tidak mengambil kesempatan ini, bukan?

Selalu Ingat Tujuan Saat Mengikuti Kegiatan Sosial

Dalam menjadi seorang relawan dan melakukan berbagai kegiatan sosial, tentu ada banyak hal yang dapat mempengaruhimu baik yang datangnya dari internal maupun eksternal. Jika kamu ragu, coba ingat lagi apa yang menjadi tujuanmu untuk menjadi seorang relawan. Jika kamu menemukan tujuan awal kamu menjadi relawan, pasti kamu akan semangat kembali seperti di awal nanti. Menjadi relawan itu menyenangkan kok. Tapi kamu jangan lupa berbagi kebahagiaan dengan mereka yang juga sudah menjadi relawan dengan memberikan bunga misalnya. Bunga ini sebagai bentuk perhatian terhadap mereka yang sudah mengorbankan banyak waktu dan tenaganya untuk melakukan acara-acara sosial. Kamu bisa membeli bunga untuk teman-teman relawanmu di toko florist online.