Uncategorized

Pesona Gunung Papandayan yang Indah di Garut

Apabila anda memiliki hobi sebagai pendaki gunung, pastinya sudah tidak asing lagi dengan Gunung Papandayan. Gunung yang menyimpan keindahan alam ini terletak di kota Garut, Jawa Barat. Lebih tepatnya berada di antara desa Kramatwangi dan Sirnajaya di Kecamatan Cisurupan, Kota Garut.

Papandayan merupakan salah satu gunung aktif yang memiliki ketinggian hingga 2.665 m dpl (diatas permukaan laut). Tercatat gunung ini sudah pernah meletus pada tanggal 12 Agustus 1772, 11 Maret 1923, 15 Agustus 1942, dan yang terakhir pada tanggal 11 november 2002.

Nah, dari sekian banyak letusan yang terjadi, letusan yang paling besar terjadi pada tanggal 12 Agustus 1772. Letusan dahsyat ini berdampak pada 40 desa dan menelan korban hingga 2.957 orang. Selain itu daerah yang terkena longsong sekitar panjang 10 km dan lebarnya 5 km.

Dibalik itu semua Papandayan merupakan salah satu gunung aktif yang menyimpan keindahan alam yang masih alami. Banyak sekali destinasi wisata yang bisa anda kunjungi bersama keluarga. Salah satu yang menjadi daya tarik para wisatawan adalah adanya beberapa kawah seperti Kawah Biru, Kawah Mas, Kawah Manuk, dan Kawah Nangklak.

Gunung Papandayan menjadi salah satu gunung api yang masih aktif dengan bukti keberadaan kawah yang masih aktif. Menariknya lagi keberadaan kawah ini berpindah-pindah secara acak. Apabila anda berkunjung bisa melihat berbagai kawah yang jumlahnya sekitar 14. Salah satu kawah yang paling besar adalah Kawah Mas.

Kawah Mas ini mengeluarkan suara gemuruh layaknya suara pesawat jet. Daya tarik kawah yang membuat para pengunjung penasaran adalah setiap kawah yang ada mengeluarkan asap dengan warna yang berbeda-beda. Anda bisa melihat kawah dengan asap berwarna hijau, emas dan masih banyak lainnya.

Bagi anda yang berkunjung ke Papandayan, disarankan untuk menggunakan pakaian yang berbahan dingin karena udara di sekitar kawah cukup panas. Selain melihat keindahan kawah yang warna-warna, anda juga akan menemukan taman bunga Eidelweis yang indah dan mempesona.

Ketika datang ke Papandayan, anda juga bisa menikmati keindahan sunrise yang indah dari daerah tebing Sunrise. Biasanya tempat tersebut sering digunakan untuk berkemah bagi para pengunjung.

Demikianlah penjelasan mengenai Papandayan sebagai gunung yang masih aktif dan menyimpan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa menambah wawasan anda.