Uncategorized

Pakaian Adat Kepulauan Riau

 

Pakaian adat selalu memiliki filosofi dan makna terdalam yang tentu harus diketahui oleh tiap masyarakat yang memakai sebagai salah satu bentuk pelestarian pakaian. Pakaian tradisional melayu riau terdiri dari berbagai jenis karena tergantung dari kegiatan yang akan didatangi. Riau merupakan salah satu provinsi yang terletak di bagian tengah sumatera yang berbatasan langsung dengan jambi di selatan dan selat berhala dan sebelah timur dengan laut cina selatan dan barat berbatasan dengan sumatera barat dan sumatera utara.

Pakaian tradisional riau,

Teluk belanga merupakan kostum tradisional riau , untuk pria menggunakan kurung kurawal yang ketat dan dilengkapi kopiah, dipadukan dengan celana panjang dengan warna yang senada dengan atasan. Lalu ada tambahan kain motif khas budaya melayu yang merupakan kain tenun digunakan di pinggang. Sedangkan untuk wanita mengenakan baju kurung jangkar dan belitan kain songket atau kain lainnya. Lalu pada bagian kepala ditutup dengan kerudung yang dibelitkan ke leher hingga bagian rambut dan dada tertutup kerudung.

Adapula pakaian adat kepulauan riau yang merupakan pakaian resmi,

Baju adat riau saat ini telah mengalami perkembangan zaman yang terdiri dari baju kurung cekak musang dan kebaya laboh. Untuk laki-laki dewasa dilengkapi dengan sarung perekat dan kopiah di kepala. Untuk wanita terdiri dari kebaya laboh dengan kombinasi kain sarung batik dan selendang sebagai penutup kepala atau tudung lingkup.