Uncategorized

Mengulik Manfaat Apel untuk Mengatasi Masalah Ibu Hamil

Mungkin, Manfaat apel untuk ibu hamil masih banyak yang belum tahu betul. Bahkan, mungkin Anda juga pernah menghindari makan buah apel ketika sedang hamil. Pasalnya, memang tidak semua buah baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Tak heran, jika Anda juga merasa ragu untuk memakannya. Bisa saja Anda takut kesehatan atau kandungan Anda terganggu.

Padahal, buah apel justru sangat bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil. Salah satunya, ampuh untuk mengatasi sembelit. Benarkah demikian?

Perlu Anda ketahui, ibu hamil sangatlah rentan terkena sembelit. Kemungkinan, salah satu penyebab utamanya adalah meningkatnya kadar hormon progesteron di bagian saluran pencernaan Anda.

Dengan begitu, membuat pergerakan usus Anda lebih lambat. Sehingga, penyerapan air juga lebih banyak. Lalu, terjadilah sembelit.

Tak perlu cemas, sembelit pada ibu hamil bisa diatasi dengan banyak cara. Di antaranya dengan memperbanyak asupan air putih, olahraga, serta asupan serat.

Nah, apel adalah buah yang terkenal kaya serat. Faktanya, satu buah apel seberat 182 gram mengandung 4,4 gram serat. Setara dengan 17 persen kebutuhan serat harian orang dewasa.

Selanjutnya, sejumlah 1,6 gram serat akan larut dalam bentuk pektin. Lalu, difermentasi oleh bakteri di dalam usus membentuk asam lemak rantai pendek untuk menarik air ke usus besar. Dengan begitu, feses Anda akan melunak. Sembelit pun segera teratasi.

Demikian ulasan singkat tentang buah apel yang bermanfaat mengatasi sembelit pada ibu hamil karena kekayaan seratnya. Jadi, Anda tidak perlu ragu dan takut lagi untuk mengonsumsi apel meskipun dalam kondisi hamil.