Uncategorized

Mengenal Sungai Barito, Sungai Terbesar di Kalimantan Selatan

Sungai Barito tentu sudah tidak asing bagi masyarakat Kalimantan Selatan. Sungai terbesar dan terpanjang di Kalimantan ini memang sering dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat. Yuk mengenal lebih dalam tentang sungai yang terkenal di Kalimantan Selatan ini!

Mengenal Seputar Barito

  1. Spesifikasi Sungai

Sungai terpanjang yang ada di Kalimantan Selatan ini memiliki panjang kurang lebih 909 kilometer dengan lebar mendekati 700 kilometer. Tidak heran jika sungai ini dinobatkan sebagai sungai terpanjang dan terbesar di Kalimantan Selatan. Untuk kedalamannya berkisar antara 8 meter.

  1. Lokasi Pasar Terapung Muara Kuin

Salah satu daya tarik dari sungai terpanjang di Kalimantan Selatan ini adalah adanya pasar terapung yang bernama Muara Kuin. Para pedagang menjajakan dagangannya menggunakan perahu yang disebut dengan jukung dalam bahasa Banjar, pun begitu dengan sistem transaksinya.

Jam bukanya mulai dari Subuh sampai jam 7 pagi dan banyak jenis sayur mayur segar yang dijajakan. Selain bertransaksi dengan uang, para penjual juga masih melestarikan cara dagang dengan barter. Namun, sayangnya pasar ini sudah tidak setiap hari buka karena banyak pedagang yang pindah ke darat dan banyak pembeli yang lebih senang belanja dengan motor atau mobil.

Sungai terlebar dan terpanjang di Kalimantan Selatan ini memang khas dengan pasar apungnya. Namun, pasar ini sudah tergeser dengan pasar yang ada di darat, sehingga tidak seramai dulu dan tidak buka setiap hari. Meski begitu, sungai ini juga masih mendukung sisi ekonomi lainnya.