Uncategorized

Masuk Angin Saat Hamil

Masuk angin merupakan suatu kondisi dimana badan terasa tidak enak, mual dan muntah, perut kembung dan tidak nyaman, lemas, hingga meriang. Masuk angin juga bisa terjadi kepada siapa saja termasuk ibu hamil.

Penyebab Masuk Angin Saat Hamil

Masuk angin memang bisa terjadi kepada siapa saja dan kapan saja, termasuk saat anda sedang hamil. Nah, masuk angin itu pun dapat terjadi karena disebabkan oleh hal-hal sebagai berikut ini.

  • Meningkatnya hormon estrogen dan progesteron

Ketika hamil, hormon estrogen dan progesteron ini biasanya mengalami lonjakan yang tinggi, sehingga berimbas kepada usus dan otot-otot tubuh yang melemas. Selain itu, hal tersebut juga menyebabkan pencernaan jadi semakin melambat serta adanya penumpukan gas di dalam perut yang dapat menimbulkan perut mual dan kembung.

  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung gas

Makanan pun turut menjadi faktor penyebab timbulnya masuk angin yang dapat membuat perut menjadi kurang nyaman. Hal tersebut dapat terjadi apabila anda mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gas seperti makanan berminyak, makanan dengan tinggi karbohidrat dan gula, produk susu, bahkan sayuran seperti brokoli, jamur, kol, kacang hijau, serta buah-buahan seperti apel, mangga, dan pir yang bisa meningkatkan produksi gas di dalam lambung.

 

Cara Atasi Masuk Angin Bagi Ibu Hamil

Bila anda sedang hamil dan mengalami masuk angin, tidak perlu khawatir karena hal tersebut dapat diatasi dengan cara-cara berikut ini:

  • Konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi
  • Perbanyak minum air putih, anda juga bisa menyeduh jahe hangat
  • Makan makanan berkuah dan hangat
  • Beristirahat yang cukup
  • Berolahraga dengan rutin

 

Itulah beberapa penyebab masuk angin yang dapat terjadi pada ibu hamil serta cara-cara yang dapat anda lakukan untuk mengobati masuk angin yang menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut tersebut. Sekian, semoga artikel ini membantu.