Uncategorized

Manfaat Biji Bunga Matahari Untuk Kesehatan Tubuh

Siapa yang belum mengenal kuaci? Biji dari bunga matahari memang dapat dijadikan sebagai cemilan yang sangat enak. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa biji tersebut mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mengkonsumsinya sebagai salah satu pelengkap makanan. Berikut beberapa manfaatnya:

  1. Menjaga kesehatan jantung

Siapa yang menyangka bahwa biji yang satu ini dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan organ jantung. Hal tersebut tidak lain karena adanya kandungan magnesium serta senyawa bioaktif peptida yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Terlebih hal tersebut dapat menyebabkan seseorang mengalami gagal jantung.

  1. Mencegah radang

Peradangan dalam tubuh tentu saja dapat menyebabkan munculnya penyakit kronis. Biji yang satu ini bisa jadi pilihan tepat untuk mencegah munculnya peradangan. Pasalnya, kandungan didalamnya adalah vitamin E, senyawa bioaktif, serta flavonoid yang bisa menjadi anti inflamasi sehingga dapat menghambat adanya peradangan dalam tubuh.

  1. Menjaga kadar gula dalam darah

Pada dasarnya cemilan yang satu ini sangat cocok untuk dikonsumsi oleh mereka yang memiliki penyakit diabetes. Pasalnya, saat mengkonsumsinya tidak akan menyebabkan gula darah menjadi naik. Terlebih jika mengkonsumsinya dalam jumlah tertentu juga dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

  1. Menjaga berat badan

Apabila takut mengalami kenaikan berat badan saat makan cemilan, maka pilihan yang tepat adalah mengkonsumsi biji ini. Biji yang satu ini tidak akan membuat tubuh Anda semakin gemuk. Pasalnya, kaya akan kandungan protein, serat, serta lemak sehat yang baik untuk tubuh.

Itulah beberapa manfaat yang bisa diperoleh saat mengkonsumsi cemilan biji dari bunga matahari. Tentu saja, tidak ada salahnya untuk menjadikannya sebagai cemilan untuk menemani waktu bersantai di rumah bersama dengan keluarga.