Uncategorized

Kelompok Ikan Paus Masa Kini

Paus merupakan salah satu hewan berukuran besar yang hidup di laut. Jika diperhatikan seluk beluk hewan besar ini, Paus bukan termasuk ikan melainkan mamalia. Hal tersebut dibuktikan dengan ciri-ciri yang dimilikinya. Ketika bernapas, mamalia ini bernapas dengan menggunakan paru-paru. Pada paus dewasa ditemukan sedikit rambut pada bagian tubuhnya. Paus juga memiliki kalenjar susu dan merupakan hewan berdarah panas. Serupa dengan mamalia lainnya, paus ternyata memiliki jantung yang terbagi menjadi empat ruang.

Pada masa kini, Paus dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama merupakan paus tidak bergigi dan paus bergigi. Paus bergigi merupakan hewan pemangsa yang memiliki satu buah lubang pernapasan. Hewan yang sering dimangsa mamalia ini antara lain sotong, ikan dan mamalia laut lainnya. Paus yang dikenal pula dengan sebutan Odontoceti ini merupakan kerabat dari pesut dan lumba-lumba.

Paus tak bergigi atau Mysticeti menjadi kelompok paus yang kedua. Ukuran tubuh paus ini memiliki ukuran yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan paus bergigi. Struktur tubuh paus berbentuk sikat dan dikenal dengan sebutan balin. Peran balin adalah untuk menyaring makanan dan plakton yang berada di dalam air. Mamalia ini memiliki 2 buah lubang pernapasan. Mysticeti hidup dengan gigi ketika berada pada fase embrional. Kedua kelompok ini memiliki perbedaan pada jumlah lubang pernapasan yang dimilikinya.