Technology

Terkenal Paling Mematikan, Berikut Jenis Jenis Senjata Api Dari Berbagai Negara

Senjata api ini banyak dimanfaatkan untuk beberapa kebutuhan, seperti kemiliteran, pertahan diri, dan lain sebagainya. Mengingat perannya cukup krusial, jenis senjata api semakin berkembang di banyak negara. Bahkan beberapa di antaranya dianggap paling mematikan dan cukup canggih jika digunakan. Penasaran? Yuk intip informasi selengkapnya di sini!

Sekilas Mengenai Senjata Api yang Ada Di Berbagai Negara

Senjata api dikenal sebagai salah satu alat dirancang secara khusus untuk menembak. Dalam hal ini senjata terbagi menjadi beberapa jenis, ada berupa senapan, ada juga yang berupa pistol. Keduanya memiliki karakteristik masing masing sesuai dengan desain dan model yang disematkan. Tak hanya itu saja, senjata tersebut juga dirancang untuk kebutuhan yang cukup berbeda.

Untuk jenis senapan, senjata api ini berbentuk laras panjang yang dirancang untuk menembak secara akurat. Untuk melengkapi kinerjanya senapan didesain secara khusus agar dapat menembak secara akurat dengan laras yang memiliki pola heliks. Sedangkan untuk menjaga keakurasiannya, ini dirancang agar dapat dipegang dengan kedua tangan.

Selain itu, desainnya juga sengaja dibuat agar dapat dikencangkan dengan kuat pada bagi penembak. Untuk senjata yang satu ini biasanya digunakan secara luas bagi kemiliteran, peperangan, pertahanan diri, penegakan hukum, olahraga menembak, dan lain sebagainya. Intinya, senjata yang satu ini memberikan kemudahan untuk menembak secara jitu.

Ada lagi jenis yang cukup populer yang digunakan oleh polisi seperti pistol. Sebenarnya senjata api ini tak hanya digunakan untuk kebutuhan pihak berwenang, tetapi di beberapa negara pistol juga dimiliki oleh orang biasa yang memiliki izin kepemilikan senjata. Hal ini karena senjata memiliki berat ringan, mudah dibawa, dan berlaras pendek.

Meskipun berukuran kecil dan mudah dibawa secara genggaman, pistol dengan kaliber peluru ini bisa mematikan. Maka dari itu, perlu adanya pengalaman dan latihan yang mumpuni untuk menggunakan senjata jenis ini. Tak heran jika di Indonesia, berbagai senjata api tersedia hanya untuk beberapa pihak yang berwenang.

Karena senjata api semakin hari terus berkembang, maka berbagai pabrik senjata juga berlomba lomba untuk membuat pistol. Dari pembuatan senjata tersebut beberapa di antaranya memiliki kerusakan yang cukup tinggi. Tak heran jika penggunaannya harus hati hati dan sesuai peraturan yang ada, sebab hal ini bisa berkaitan dengan nyawa seseorang.

Berbagai Senjata Api yang Paling Mematikan

  1. Revolver

Sebagai informasi, setidaknya terdapat dua jenis pistol revolver yaitu single action dan double action revolver. Seusai namanya, kedua senjata yang satu ini memiliki karakteristik yang cukup berbeda secara signifikan. Jika dilihat secara mendetail, kedua senjata ini memiliki kinerja yang juga berbeda dan bervariasi.

Untuk single-action revolver, palu yang digunakan seperti memukul. Karena alasan tersebut, senjata jenis ini akan berkesan seperti meledak dan mendorong proyektil keluar. Palu di pistol berada di atas pelatuk dan secara efektif bekerja ketika digunakan. Hal inilah yang membuat pistol ini sering digunakan untuk berbagai kebutuhan, baik kemiliteran maupun pertahanan diri.

Selain jenis single action revolver, ada juga jenis double action revolver yang bergerak menggunakan palu secara otomatis. Untuk jenis yang satu ini memiliki model palu yang berkesan memukul. Cara kerjanya seperti meledak dan mendorong proyektil peluru menjadi keluar. Sementara itu, keberadaan palu di pistol berada di atas pelatuk ketika bekerja.

Pada jenis senjata ini, pengguna harus memasukkan peluru ke tabung berputar pada revolver 44. Biasanya jenis ini berkaliber sebanyak 5 sampai dengan 7 peluru. Sedangkan untuk berkaliber 22 biasanya memiliki isi peluru sejumlah 8 sampai dengan 10 peluru. Untuk cara pengisiannya dapat dilakukan sesuai dengan bentuk dan desain revolver.

  1. Desert Eagle

Di urutan selanjutnya terdapat jenis senjata buatan Israel dengan nama Desert Eagle. Senjata yang satu ini bisa dibilang memiliki bentuk yang cukup ramping, tetapi memiliki kemampuan yang sangat luar biasa. Dimana, jika desain pistol umumnya hanya mampu untuk menembus sasaran, tetapi pistol ini memiliki kemampuan untuk menghancurkan target sekaligus.

  1. Glock Meyer 22

Ada lagi senjata api jenis pistol buatan Austria dengan nama Glock Meyer 22 yang memiliki performa mumpuni. Karena alasan tersebut, pistol ini digunakan untuk angkatan senjata dan lembaga penegak hukum di berbagai belahan dunia. Hal ini juga tak terkecuali pada lembaga penegak hukum yang ada di Amerika Serikat juga menggunakan jenis yang satu ini.

Untuk spesifikasi dari senjata ini memiliki detail yang cukup mengesankan. Pasalnya, Glock 22 memiliki panjang 204 mm atau 8,03 inci. Sedangkan untuk lebar senjata ini berukuran 32 mm atau berkisar 1,26 inci. Di bagian kapasitasnya memiliki 15 putaran tempat mesiu. Jenis pistol ini juga tersedia dalam bentuk senapan semi otomatis dan senapan mesin.

  1. Raging Bull

Berikutnya ada jenis pistol Raging Bull 454 asli buatan perusahaan Taurus yang berlokasi di Brasil. Jenis ini memiliki tembakan yang cukup cepat dengan 580 meter per detik. Untuk energi yang dilontarkan juga bisa dikatakan sangat cepat mencapai 2700 Joule. Dengan performanya yang mumpuni, pistol dibuat untuk perlombaan olahraga dan juga berburu.

  1. Colt 1911

Colt 1911 ini menjadi sebuah pistol melegenda di militer Amerika. Meskipun memiliki model yang terkesan tua, tetapi pistol ini memiliki kemampuan tinggi pada setiap tembakannya. Model pistol ini berisi 7 buah peluru dan setiap satu butirnya bisa menembakkan dengan kecepatan berkisar 1225 kaki per detik. Belum lagi, pistol ini juga memiliki bentuk yang mudah digenggam.

  1. G2 COMBAT Kal. 9 mm

G2 Combat dengan Kal. 9mm menjadi salah satu senjata yang berasal dari Indonesia yaitu PT. Pindad. Senjata jenis ini menggunakan amunisi dengan ukuran 9 x 19 mm parabellum  yang digunakan secara luas oleh angkatan bersenjata Indonesia. Dengan kemampuan yang mumpuni, pistol memastikan akurasi yang baik untuk menghadapi situasi bersenjata dengan jarak yang dekat.

  1. SS-2 Pindad buatan Indonesia

Senjata selanjutnya yang juga buatan Indonesia adalah SS-2 Pindad. Senjata jenis ini memiliki kecepatan yang pesat dengan tingkat akurasi yang cukup tinggi. SS-2 Pindad ini sudah diproduksi sejak tahun 1992 sampai 1998, namun berhenti berproduksi. Setelah itu, di tahun 2008 sampai sekarang, jenis senjata api ini mengalami modifikasi dan diproduksi kembali.

  1. M-16

Senjata ini menjadi salah satu duel terhebat ketika bertemu dengan AK-47. Pasalnya, M-16 memiliki kecepatan peluru yang sangat menakjubkan. Tak ayal jika M–16 dikenal sebagai senjata tempur mematikan yang dimiliki Amerika.¬† Senjata ini menjadi senjata utama yang bagi oleh tentara Amerika Serikat, khususnya Angkatan Darat Senjata pada tahun 1947.

  1. AK-47 (Rusia)

Dirancang oleh seorang letnan jenderal besar Rusia, AK-47 merupakan senjata yang mematikan di dunia permiliteran. Awalnya, senjata ini didesain mengikuti sebuah proyek yang dibangun oleh tentara Merah Rusia. Karena performanya yang cukup mumpuni, Rusia menggunakan senjata AK-47 menjadi senjata standar untuk keperluan militernya.

  1. M2HB 50-Caliber Machine Gun

Senjata buatan Amerika ini memiliki julukan sebagai The Fifth atau Ma Deuce, senapan ini digunakan secara terus menerus karena kemampuannya yang sangat handal. Kaliber senapan ini berukuran 50 dengan tunas sekitar 500 putaran per menit. Tak ayal jika senjata ini dapat menembak secara akurat dari jarak 100 mil jauhnya.

  1. NightHawk Custom

Senjata lainnya yang diproduksi oleh Amerika yaitu Nighthawk Custom. Senjata yang satu ini memiliki daya hancur yang cukup mengerikan dibanding lainnya. Meskipun memiliki akurasi yang terbilang terbatas, namun senjata ini memiliki kecepatan yang sangat baik layaknya senapan jarak jauh atau sniper.

  1. Smith and Wesson Model 29 .44 Magnum Revolver

Dengan model 44 S&W MODEL 29 yang dikembangkan oleh perusahaan Smith & Wesson sejak 1957 hingga sekarang, jenis ini memiliki daya tembak yang juga cukup baik. 44 S&W MODEL 29 memiliki spesifikasi yang terbaik dengan tipe peluru 44 Magnum. Seentara untuk jumlah peluru yang ada adalah 6 peluru dengan special kaliber 44.

  1. Accuracy International Arctic Warfare (AW 50)

Berikutnya ada senjata Accuracy International Arctic Warfare 50 atau yang lebih dikenal dengan sebutan AW 50. Jenis senjata ini memiliki kemampuan yang tinggi karena dapat menembus kendaraan tempur berlapis baja. Bahkan senjata ini mampu menembus rekor untuk menembak objek tank dengan jarak lebih dari 2000 meter dan memberikan krusahan yang sangat hebat.

  1. MG 42

Meskipun dikembangkan sejak perang dunia dunia oleh Nazi Jerman, jenis senjata ini bisa menembakkan berkisar 1200 peluru per menitnya. Kemampuan senjata ini bisa dibilang sangat mendukung untuk keperluan perang dan militer. Karena performanya yang mematikan, mesin senapan ini sering diadopsi oleh senapan lainnya di zaman modern ini.

  1. Glock 17 Buatan Austria

Pada awalnya, Glock 17 ini merupakan buatan Austria yang ditolak oleh pasar. Pasalnya, pistol ini dianggap memiliki bahan yang cukup rentan karena polimer ringan. Namun, dari segi ketahanannya, pistol ini memiliki keunggulan dari segi kepraktisannya dalam penggunaan. Tak heran jika pistol ini malah menguasai pangsa pasar penegak hukum di US.

  1. Lee Enfield SMLE

Di urutan berikutnya ada lagi senjata besutan Inggris dari Perang Dunia 1 sampai dengan masa krisis Suez yaitu Lee-Enfield SMLE. Reputasi senjata ini bisa dibilang cukup handal karena akurasinya yang sangat tinggi untuk membidik objek yang mumpuni. Karena alasan tersebut senjata ini digunakan dalam berbagai kebutuhan ketika berperang.

Senapan standar infantri Inggris ini juga memiliki jumlah tembakan per menit yang fenomenal. Sebab, jenis senjata api ini mampu membawa 10 peluru dan kecepatannya yang cukup tinggi. Ini merupakan jumlah yang paling banyak di antara senapan yang beredar pada awal tahun abad 20. Untuk info selengkapnya, anda bisa mengakses pada laman pusatairsoftgun.com.

Itulah beberapa informasi yang wajib anda tahu mengenai jenis persenjataan yang digunakan di beberapa negara. Selain dari negara Amerika, Rusia, dan juga Jerman, ternyata di Indonesia sendiri juga memproduksi senjata api dengan performa tak kalah jauh hebatnya. Semua senjata yang ada bisa dibilang memiliki spesifikasi yang handal untuk membidik objek.