Uncategorized

Informasi Lengkap Seputar Lagu Ampar Ampar Pisang

 

 

Hampir semua daerah di Indonesia memiliki lagu daerah tersendiri. Salah satu lagu daerah yang sampai saat ini masih popular dan juga masih banyak diajarkan untuk anak-anak ini adalah lagu Ampar-Ampar Pisang.  Lagu ini diciptakan secara khusus untuk tujuan melestarikan budaya  dan juga mengandung pesan poran untuk menyukuri makanan yang ada. Lagu Ampar-Ampar Pisang ini berasal dari Kalimantan Selatan. Penciptanya adalah Hamiedan AC yang akhirnya membuat lagu ini begitu terkenal di berbagai wilayah Indonesia.

Lirik dari lagu Ampar-Ampar Pisang ini menceritakan mengenai budaya yang dimiliki masyarakat Kalimantan Selatan setempat yang dilakukan ketika pembuatan dari kue rimpi. Hal tersebut merupakan makna khusus yang terkandung didalamnya. Kue rimpi yang diceritakan dalam lagu Ampar-Ampar Pisang ini merupakan kue yang berasal dari olahan pisang. Pisang yang jadi bahan dasarnya ini akan diampar sampai hampir busuk. Selanjutnya pisang ini akan dijemur sampai kering dibawah matahari. Pisang yang telah mengering akan menghasilkan aroma manis.

Lagu Ampar-Ampar Pisang ini juga mengajarkan anak-anak untuk bersabar. Hal ini tercipta dari pembuatan kue tersebut yang tidak mudah dan butuh kesabaran untuk dapatkan olahan yang memiliki rasa enak. Anak-anak diminta untuk selalu sabar untuk menjalani setiap proses kehidupan untuk mendapatkan hal-hal yang baik. Dalam lirik lagu Ampar-Ampar Pisang ini juga mengajarkan anak-anak agar tidak mencuri olahan pisang dari kue rimpi yang tengah dijemur.