Uncategorized

Hal Menarik tentang Baju Adat Maluku Bernama Cele

Baju cele merupakan salah satu jenis baju adat Maluku yang perlu diketahui. Baju adat ini memiliki beberapa hal menarik. Salah satunya adalah warna yang digunakan. Warna utamanya adalah kombinasi antara warna merah serta putih. Ini pun dipadukan dengan motif berupa pola dengan bentuk geometri, dan ini menjadi hal yang umum digunakan selama upacara adat dan acara-acara khusus. Baju ini digunakan dengan kombinasi bersama kain sarung. Warna dari sarungnya biasanya dipadukan dan dibuat tidak terlalu berbeda. Dengan kata lain, keserasian adalah hal yang penting.

Bentuk baju ini juga cukup khas. Tak hanya warna dan pola saja, bentuk unik ini bisa dilihat dari segi kerahnya. Kerah atau bagian leher menggunakan bentuk menyerupai huruf V. Lalu, bajunya akan menggunakan lengan panjang. Wanita yang menggunakan baju adat ini pun kemudian akan mendapatkan panggilan khusus, yaitu nona baju cele atau bisa juga dengan panggilan nona kain salele.

Untuk kombinasi dari baju ini, ada alas kaki yang digunakan. Alas kaki ini berupa selop, tapi ada juga yang menggunakannya tanpa alas kaki dan ini justru yang cukup umum dijumpai. Wanita yang menggunakan baju adat ini akan menggunakan konde pada rambutnya, dan ini akan dipadukan pula dengan tusuk konde yang bernama haspel, dan ini bisa dibuat dengan bahan perek ataupun emas. Selain cele ini, sebenarnya wanita di Maluku juga bisa menggunakan kebaya khas dari Maluku, dan ini merupakan kebaya dansa.