Uncategorized

Gubung Rinjani Via Sembalun

Tiap pendakian memiliki tujuan untuk mencapai ke puncak gunung, dengan mencapai puncak merupakan kepuasan serta kebanggan bagi para pendaki. Gunung rinjani yang memiliki puncak ketinggian 3726 mdpl, yang memiliki pemandangan super cantik dengan sejuta pesona yang dimilikinya. Adapula danau segara anak yang tidak kalah cantik menunggu para pendaki berdatangan.

Pendakian Rinjani melalui Sembalun, yang merupakan jalur favorit para pendaki saat naik maupun turun gunung.

Untuk memasuki area pendakian memerlukan waktu tempuh sekitar 3 jam an dengan perjalanan darat, dan pada hal ini juga telah melewati medan yang cukup menguras tenaga karena jalan yang terjal dan banyak batu. Untuk mencapai puncak rinjani pendaki harus melewati 3 pos, satu pos extra dan plawangan sembalun.

Selama perjalanan pos 1 dan 2, pendaki akan disambut oleh kawanan kuda liar,

Di Lombok memang terkenal akan kuda liar yang dibiarkan mencari makan di padang rumput dimanapun. Oleh karena itu, para pendaki saat melewati pos 1 ke pos 2 juga berhati – hati agar tidak mengganggu kenyamanan para kuda liar. Ada pula setelah melewati pos 3 terdapat 7 bukit penyesalan yang terkenal amat curam. Trek mendaki via sembalun ini terbilang cukup sulit karena medannya yang selalu menanjak dengan kerikil halus. Berbeda saat turun, beberapa pendaki lebih menyukai saat menuruni gunung karenan jalurnya akan lebih mudah untuk dilewati.