Pendidikan

Mengenal Definisi, Fungsi, dan Karakteristik Makalah

Makalah adalah karya ilmiah yang terdiri atas beberapa pembahasan mulai dari latar belakang hingga daftar pustaka. Keseluruhannya harus ditulis secara berurutan dan terstruktur sesuai dengan sistematika penulisan karya ilmiah. Sehingga dalam proses penulisannya membutuhkan kemampuan analisa maupun tata bahasa yang baik. Agar tidak keliru memahami beberapa jenis karya ilmiah lainnya, ada baiknya Anda menyimak penjelasan rinci terkait makalah dan contoh latar belakang yang sesuai standar berikut ini.

Definisi Makalah

Makalah memiliki beberapa pengertian dilihat dari sisi cara pandang para ahli maupun pedoman penulisan di Indonesia. Simak perbedaan keduanya pada poin-poin berikut ini.

1. Sesuai dengan KBBI

Sesuai dengan pedoman penulisan yang berlaku di Indonesia, makalah dapat didefinisikan sebagai kumpulan tugas terstruktur yang dibuat oleh pelajar maupun mahasiswa guna memenuhi suatu tugas. Adapun definisi lainnya makalah adalah suatu pokok informasi yang akan dibacakan pada suatu persidangan untuk selanjutnya bisa diterbitkan.

2. Menurut Para Ahli

Selanjutnya untuk definisi makalah dari para ahli dapat mengalami perluasan maupun penyempitan makna. Agar lebih jelas bisa Anda simak penjabarannya berikut ini.

  1. Definisi makalah menurut Poerwadarminta adalah uraian tertulis yang dikemukakan untuk mendapatkan pembahasan lebih lanjut mengenai suatu topik permasalahan.
  2. Berbeda halnya dengan Zaenal Arifin yang mendefinisikan makalah sebagai suatu pembahasan data lapangan berdasarkan pada sifat empiris-obhektif.
  3. Hal serupa disampaikan oleh Siswoyo Harjodipuro yang mendefinisikan makalah sebagai suatu pemenuhan tugas oleh para mahasiswa dalam suatu mata kuliah atau oleh sarjana dalam memenuhi hasil studi atau penyelidikannya.

Fungsi Makalah

Selanjutnya untuk fungsi dari makalah pun harus Anda pelajari. Hal ini akan membantu Anda dalam menyusun karya ilmiah tersebut, karena tidak tertukar dengan jenis karya lainnya. Berikut penjelasannya untuk Anda simak bersama.

  1. Makalah berfungsi sebagai media untuk melatih para akademisi dalam menyusun suatu karya ilmiah secara benar.
  2. Dapat memperluas wawasan penulis karena dalam penyusunannya memerlukan studi analisa dan data empiris yang update.
  3. Mampu memberikan kebermanfaatan pada perkembangan ilmu pengetahuan maupun pemecahan masalah.

Karakteristik Makalah

Terdapat beberapa karakteristik makalah yang membedakannya dengan karya ilmiah lainnya. Setidaknya ada empat poin yang bisa Anda simak berikut ini.

1. Akurat dan Menyeluruh

Dalam penyusunannya makalah harus memuat data-data yang akurat, akuntabel, dan terpercaya. Untuk itu memerlukan adanya analisa data yang luas dan mendalam.

2. Tertata dengan Baik

Makalah harus ditulis secara runut, terstruktur, dan sistematis. Hal ini akan membantu pembaca dalam memahami inti topik yang tengah dibahas.

3. Sumber Info yang Valid

Sama halnya dengan karya ilmiah lain, dalam pembuatannya Anda harus mencantumkan sumber informasi selengkap mungkin. Untuk itu, ketika mengutip suatu pernyataan maupun data usahakan untuk menuliskan sumbernya. Hal ini akan melindungi Anda agar terhindar dari plagiarisme karena tidak asal menuliskan suatu data.

4. Seimbang

Makalah yang Anda buat harus mempunyai sudut pandang yang dibicarakan baik secara objektif maupun seimbang. Untuk mendapatkan keseimbangan tersebut Anda harus menganalisa kelebihan dan kekurangan tulisan yang telah Anda buat.

Nah itu dia penjelasan rinci terkait definisi dari makalah serta hal-hal teknis yang berhubungan dengannya. Untuk mendapatkan informasi lainnya berkenaan dengan contoh latar bekalang yang tepat, silakan Anda perbanyak referensi lain yang serupa. Semoga bermanfaat.