Umum

Daftar Perusahaan Tambang Terbesar di Indonesia

Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah dibandingkan dengan negara lainnya. Bahkan banyak sekali sumber daya alam yang dikirimkan ke luar negeri. Terdapat sumber daya alam yang bisa diperbarui dan tidak bisa diperbarui. Tidak heran kalau saat ini sudah banyak daftar perusahaan tambang di Indonesia yang mengelola hasil bumi.

Ada banyak hal yang membuat Indonesia kaya akan sumber daya alam. Indonesia ada di jalurnya gunung berapi sehingga membuat tanahnya sangat subur. Indonesia ada di daerah iklim tropis sehingga curah hujan sangat tinggi. Hal inilah yang membuat berbagai tanaman bisa tumbuh subur.

Pertemuan lempeng tektonik di Indonesia membuatnya kaya akan produk tambang dan mineral. Ditambah lagi Indonesia dikelilingi oleh lautan sehingga kekayaan Indonesia semakin melimpah mulai dari pasir, jenis ikan, emas, timah, besi, dan minyak bumi. Hal inilah yang membuat Indonesia kaya raya akan sumber daya alam.

Daftar Perusahaan Tambang di Indonesia

Melihat kekayaan alam di Indonesia yang sangat melimpah ini tidak heran kalau sudah banyak perusahaan tambang yang mengelolanya. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa daftar perusahaan tambang di Indonesia. Selengkapnya bisa simak penjelasan berikut ini :

  1. Tambang Migas

Perlu anda ketahui bahwa Indonesia memiliki sumber daya migas yang sangat banyak. Bahkan saat ini sudah ada perusahaan migas terbesar di Indonesia yaitu Blok Rokan. Dimana perusahaan ini mampu memproduksi minyak yang mencapai 196,5 kondensat perhari. Selain itu masih ada blok Cepu yang mampu memproduksi 219,7 barel per harinya.

  1. Tambang Batu Bara

Selain sumber migas, Indonesia juga gudangnya tambang batu bara. Saat ini tambang batu bara yang terbesar ada di Sangatta, kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur. Perusahaan tambang ini sudah berdiri sejak tahun 1982 yang diberi nama Kaltim Prima Coal.

Perusahaan besar ini akhirnya diambil alih oleh PT Bumi Resources pada tahun 2003. Perusahaan ini mampu memproduksi batu bara sekitar 58 juta ton per tahunnya. Produksi terus meningkat hingga 60 juta ton.

Saat ini perusahaan Batu bara terbesar di Indonesia adalah KPC yang lokasinya ada di Sangatta dan Bengalon. Sumber tambang batu bara produksi dari KPC ini sudah mencapai 7,055 miliar ton dan memiliki cadangan 1,178 miliar ton dengan rincian 230 juta ton di Bengalon dan 948 juta ton ada di Sangatta.

  1. Tambang emas dan tembaga

Tambang emas dan tembaga yang terbesar di Indonesia adalah PT Freeport Indonesia, tambang Grassberg di Papua. Sejak bulan Desember 2018 lalu, Indonesia berhasil memiliki saham 51% perusahaan Freeport.

Perlu anda ketahui bahwa perusahaan tambang Grasberg ini merupakan salah satu tambang emas terbesar ketiga di dunia. Tambang Grasberg ini menyimpan 23,2 juta ounce cadangan emas. Tentu ini menjadi catatan bahwa Indonesia menyimpan emas yang melimpah. Tidak heran kalau pembangunan tambang emas ini mencapai 2 miliar dolar.

Melihat banyaknya perusahaan tambang yang ada di Indonesia, dibutuhkan juga Jasa Survey Hidrologi untuk membantu melindungi ekosistem hutan yang masih sangat sedikit di Indonesia. Hal ini bertujuan agar ekosistem di hutan tetap terjaga. saat ini yang terjadi adalah banyak lahan bekas tambang yang dibiarkan saja tanpa ada tindak lanjut untuk menjaga ekosistem alam.

Demikianlah penjelasan mengenai daftar perusahaan tambang terbesar di Indonesia. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa menambah wawasan anda tentang perusahan tambang yang ada di Indonesia.