Pendidikan

Pengertian dan Contoh Future Perfect Tense

Future perfect tense adalah sebuah tense dalam bahasa Inggris untuk menjelaskan aksi di masa depan. Lebih tepatnya, fungsi tenses ini untuk menyatakan aksi yang akan diselesaikan atau dilakukan di masa depan.

Subjek kalimat memosisikan diri di masa depan dan menyatakan aksi yang sudah selesai atau akan selesai dilakukan saat itu. Contohnya Anda menyatakan “aku akan sudah makan jam 2 nanti” dan diterjemahkan menjadi “I will have eaten by 2 p.m.”

Rumus Kalimat Future Perfect Tense

Rumus kalimat terbagi untuk kalimat affirmative, negative, dan interrogative. Berikut rumus lengkapnya.

Affirmative: Subject + will have + past participle

Negative: Subject + will not have/won’t have + past participle

Interrogative: Will + subject + have + past participle + ?

Subject di sini sudah termasuk I, you, we, they, she, he, dan it. Tidak ada perubahan di bagian kalimat lain, walaupun subjek dan jumlahnya berubah.

Setelah subject, kalimat diikuti oleh auxiliary verb “will” dan primary auxiliary verb “have”. Kata kerja yang digunakan juga berbentuk past participle atau verb bentuk ketiga.

Kata kerja ini biasa diikuti oleh akhiran –ed untuk kata-kata golongan regular verb. Sedangkan untuk irregular verb, bentuknya bisa berubah tanpa pola, misalnya diberi akhiran -en, -d, -n, atau –ne atau berubah sama sekali.

Contoh past participle regular verb antara lain finished, talked, walked, dan lain-lain. Untuk kata-kata irregular verb, contohnya ada eaten, arrived, seen, taken, written, dan lain-lain.

Kalimat future perfect tense juga akan diikuti dengan keterangan waktu atau time complement. Contoh keterangan waktu yang dipakai antara lain:

  • On 23rd January (di tanggal 23 Januari)
  • by 10 (sebelum pukul 10)
  • at next week (saat minggu depan)
  • by next month (sebelum bulan depan)
  • in 3 days (dalam 3 hari)
  • before the end of the day
  • when you come
  • dan lain-lain

Anda juga bisa menggunakan satuan waktu dari jam hingga tahun di keterangan waktu. Untuk kata kerja setelah penanda waktu before dan when, bentuk yang dipakai adalah simple present tense. Contohnya dalam kalimat seperti ini: “I will have eaten breakfast when you arrive at 10.”

Contoh Kalimat Future Perfect Tense

Untuk memudahkan pemahaman, berikut adalah contoh penggunaan future perfect tense dalam kalimat. Tiap satu jenis subject mendapat satu contoh. Berikut adalah tabelnya.

Arti Affirmative Negative Interrogative
Aku akan menyelesaikan laporan ini minggu depan I will have done this report by next week. I will not have done this report by next week. Will I have done this report by next next?
Kamu akan tiba sebelum pukul 8 malam. You will have come before 8 pm. You will not have come before 8 pm. Will you have come before 8 pm?
Kita akan pulang pada hari Minggu. We will have gone back on Sunday. We won’t have gone back on Sunday. Will we have gone back on Sunday?
Mereka sudah akan pergi bulan depan. They will have gone at this time next month. They won’t have gone at this time next month. Will they have gone at this time next month?
Dia sudah akan tiba di Prancis tanggal 28 Februari She/he will have arrived at France by February 28th. She/he will not have arrived at France by February 28th. Will she/he have arrived at France by February 28th?

 

Kesimpulannya, future perfect tense adalah bentuk kalimat bahasa Inggris yang menandakan sebuah kejadian yang akan selesai di masa depan. Kalimat ini akan menggunakan “will have”, verb bentuk ketiga, dan diikuti oleh keterangan waktu.

Jika ingin belajar lebih banyak lagi, Anda bisa membuka laman Inggrism dan menemukan banyak artikel tentang pembelajaran bahasa Inggris.