Technology

Mengulas 4 Cara Uninstall Aplikasi di Windows 10 dengan Mudah dan Cepat

 

Semakin canggihnya sistem operasi keluaran terbaru dari Microsoft yakni Windows 10, membuat para penggunanya mulai banyak mengunduh berbagai aplikasi pendukung. Namun ada kalanya, nanti anda mungkin mencari cara uninstall aplikasi di Windows 10, misalnya untuk menghemat ruang partisi. Menurut sumber artikelnya, berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan.

Cara Lepas Pemasangan Aplikasi Pada Windows 10

  1. Melalui Start Menu

Anda bisa memanfaatkan start menu sebagai cara untuk melepas pemasangan aplikasi di Windows 10 dengan mudah dan cepat. Bahkan langkah langkah yang perlu dilakukan dalam cara ini begitu sederhana, pertama yaitu anda perlu masuk pada menu Start yang biasa digunakan untuk melakukan restart hingga shutdown perangkat.

Pada menu Start ini, cari pintasan aplikasi yang ingin anda hapus pemasangannya. Apabila sudah menemukan pintasan dari aplikasi terkait, klik kanan pada pintasan aplikasi ini dan klik pada pilihan menu Uninstall atau ikon berbentuk tong sampah. Biasanya pada layar akan muncul konfirmasi apakah anda benar benar akan menjalankan tugas tersebut.

Jika muncul konfirmasi pada layar, tekan pilihan Uninstall sekali lagi untuk memvalidasinya. Dengan begitu, aplikasi yang ingin anda uninstall maka akan terhapus dari perangkat. Perlu diketahui, bahwa beberapa aplikasi mungkin akan dilempar pada halaman control panel untuk melakukan penghapusan lebih lanjut.

  1. Melalui Control Panel

Seperti yang telah disebutkan, beberapa aplikasi yang ingin anda lepas pemasangannya melalui menu Start mungkin akan dilempar pada Control Panel untuk merealisasikannya. Yang mana untuk membuka halaman Control Panel sendiri anda perlu masuk ke dalam menu Start terlebih dahulu, dan pilih Control Panel.

Jika tidak langsung menemukannya, maka anda bisa mengetikkan “Control Panel” pada bagian search dan tekan Enter. Setelah memasuki halaman Control Panel, pilih menu Program and Features, dan cari aplikasi yang ingin anda hapus dari perangkat. Berikutnya anda hanya perlu klik pilihan Uninstall yang ada pada menu bagian atas untuk menghapusnya.

  1. Melalui Settings

Selain melakukan pencopotan pemasangan melalui Control Panel, anda juga bisa menghapus aplikasi yang pintasannya tidak bisa dihapus melalui menu Start dengan cara masuk ke halaman Settings. Cara memasuki halaman Settings tidak sulit, yaitu klik kanan pada Taskbar, kemudian pilih menu Settings.

Cara tersebut akan membuka konfigurasi yang berkaitan pada Settings. Dari menu yang ada, masuk ke Apps lalu dari tab Apps & Features tersebut, anda perlu mencari aplikasi yang hendak dihapus. Jika sudah ditemukan, langsung klik pada aplikasi terkait dan pilih Uninstall yang umumnya muncul pada bagian bawah dari informasi aplikasi.

  1. Melalui Aplikasi Pihak Ketiga

Cara uninstall aplikasi di Windows 10 yang terakhir yaitu dengan mengandalkan aplikasi pihak ketiga. Cara ini bisa anda lakukan apabila beberapa cara pada poin sebelumnya ternyata tidak berhasil. Di samping itu, aplikasi pihak ketiga ini akan membantu menghapus aplikasi lainnya dengan lebih bersih agar mendapatkan kinerja maksimal.

Beberapa aplikasi pihak ketiga yang bisa anda jadikan pilihan di antaranya yaitu CCleaner, Revo Uninstaller, iObit Uninstaller, dan masih banyak lagi. Namun beberapa aplikasi ini bukan termasuk aplikasi bawaan Windows, sehingga anda perlu mengunduhnya terlebih dahulu untuk menggunakannya.

Uninstall beberapa aplikasi memang terkadang perlu untuk dilakukan pada perangkat PC atau laptop anda. Terlebih jika aplikasi terkait jarang atau bahkan tidak pernah anda gunakan karena merasa tidak dibutuhkan. Daripada menghabiskan partisi perangkat, anda bisa mencoba beberapa cara di atas untuk melepas pemasangan aplikasi tersebut.