Technology

Cara Sharing Printer Ke Komputer Lain Melalui Wifi Dengan Gampang

Menghubungkan satu komputer dengan printer adalah hal biasa. Saat ini pengguna printer tak hanya bisa menggunakan satu komputer untuk satu printer saja akan tetapi printer satu bisa untuk beberapa komputer sekaligus. Hal ini sering kali dilalukan di kantor-kantor ataupun sekolah yang mana mereka memiliki banyak komputer akan tetapi printer yang dimiliki terbatas. Untuk mengaksesnya cukup menggunakan wifi yang tersambung ke perangkat-perangkat yang akan terhubung. Pemakaian wifi dalam hal ini dianggap lebih mudah karena nantinya tidak banyak memerlukan media lain sehingga lebih gampang dan juga lebih efisien. Efisiensi yang dimiliki oleh sebuah perangkat tergantung dari bagaimana pengguna melakukan setting.

Panduan Sharing Printer Ke Komputer Dengan Wifi

Hp drucker treiber biasanya digunakan untuk melakukan sharing printer ke banyak komputer lain dengan memakai wifi. Sejak perangkat elektronik ini eksis banyak hal yang bisa dilakukan oleh mereka terutama ketika ingin memaksimalkan data yang akan dipakai. Proses untuk melakukan hal tersebut bisa dengan beberapa cara dan tahapan. Terdapat beberapa hal yang harus dipersiapkan lebih dulu supaya nantinya proses akan lebih gampang dilakukan. Setiap proses akan memberikan hasil yang maksimal apabila pengguna paham dan tahu bagaimana cara untuk mengaksesnya supaya bisa dengan benar mulai melakukan kegiatan mereka.

Langkah awal yang harus dilakukan saat akan melakukan sharing printer ke komputer lain adalah mempersiapkan beberapa bahan seperti komputer-komputer yang akan digunakan, printer yang akan dipakai atau di sharing serta kabel yang dipakai untuk menghubungkan banyak layanan tersebut supaya bisa dipakai untuk tersambung dengan wifi ataupun Lan. Setelah bahan-bahan tersebut siap maka buka lah windows setting untuk memprosesnya. Windows antara satu komputer dengan komputer yang lain juga perlu sama untuk mensiasati kemudahan layanan yang akan dilakukan. Dari menu setting tersebut pilih lah network dan internet. Menu ini akan membuka layanan menu baru yang harus di centang oleh pengguna. Menu yang harus dicentang antara lain adalah menu turn on file serta printer sharing. Jika menu tersebut telah di cek list dengan benar maka tinggal instalasi driver printer. Menginstal printer butuh waktu beberapa saat sehingga pengguna yang akan melalukan proses harus lebih dulu menunggu supaya instalasi berhasil. Jika proses telah berhasil dilakukan maka tinggal memilih printer yang akan digunakan. Langkah akhirnya adalah memilih menu sharing printer. Printer akan otomatis tersambung ke komputer yang menggunakan jaringan wifi yang sama. Saat ingin melakukan proses pencetakan apapun mereka tak perlu ke satu komputer khusus yang nantinya bakal membuat waktu terbuang sia-sia karena harus antri dan menyeting ulang data ke komputer yang dituju.

Tips Aman Sharing Printer Ke Komputer Dengan Wifi

Agar aman saat melakukan sharing printer dengan wifi, pengguna perlu beberapa hal. Yang pertama adalah pastikan jika semua bahan telah lengkap. Jangan sampai kekurangan bahan seperti kabel karena nantinya kabel ini lah yang akan dipakai untuk melakukan proses instalasi. Kabel-kabel lan juga berfungsi penting untuk sharing komputer sehingga data lebih aman. Selain kabel yang tak boleh sampai kurang, pengguna juga butuh jaringan internet yang stabil. Internet yang stabil ini sendiri akan berfungsi untuk memaksimalkan proses sehingga sambungan ke komputer tak akan terkendala. Apabila nantinya jaringan sedang down maka besar kemungkinan proses juga akan lebih sulit dan juga macet.