Tips

Cara Mengusir Semut Api Yang Pasti Berhasil Tanpa Waktu Lama

Keberadaan semut api paling sering terlihat di pepohonan, terutama pohon mangga dan mahoni. Kondisi tersebut sangat mengganggu karena pemilik pohon tidak bisa merawat tanamannya dengan mudah. Belum lagi gigitan semut api sangat menyakitkan. Lantas bagaimana cara mengusir semut api? Berikut tipsnya.

Cara Mengusir Keberadaan Semut Api

  1. Menggunakan Cuka Putih Dan Air

Semut api akan muncul secara berkoloni sehingga jumlahnya sangat banyak. Mereka juga cukup gigih dan terus saja kembali ke lokasi yang sama sebelum mendapatkan makanan yang diinginkan. Untuk mengatasinya, anda bisa memanfaatkan cuka putih dan air. Kedua bahan ini bisa menjadi insektisida yang cukup murah meriah.

Adapun perbandingan cuka dan air yang digunakan adalah 1 : 1. Kemudian larutan tersebut bisa dimasukkan ke dalam spray untuk memudahkan saat prose pengaplikasian. Anda hanya perlu menyemprotkan ramuan tersebut di bagian pohon yang sering diserang semut. Anda juga bisa menggunakan ramuan tersebut di berbagai bidang, misalnya jendela dan pintu.

Larutan cuka putih dan air ini terbukti ampuh untuk membasmi semut api karena memiliki bau yang menyengat. Aroma tersebut cukup buat bagi manusia, apalagi untuk serangga. Mereka memiliki indra penciuman yang tajam sehingga baunya sangat menyiksa. Namun bau itu akan menghilang setelah cuka mengering, sehingga diperlukan beberapa kali pengulangan.

  1. Bubuk Cabe Rawit

Semua orang tahu bahwa bubuk cabe rawit memiliki rasa yang amat pedas. Rasa itulah yang ampuh untuk mengusir semut api. Untuk menggunakan bahan yang satu ini, anda perlu menempatkan bubuk cabe di dalam  wadah kecil. Kemudian letakkan bubuk cabai itu di area yang diserbu semut api. Dengan begitu, mereka akan menjauh dengan sendirinya karena merasa terganggu.

Sayangnya cara ini tidak dapat diaplikasikan untuk bidang permukaan yang vertikal. Alasannya karena wadah cabai sulit untuk diletakkan dengan posisi semacam itu. Oleh karena itu, sebagian orang menggunakan cara lain, yaitu dengan mencampurkan bubuk cabai dengan air kemudian menyemprotkannya di jalur yang dilalui oleh semut.

  1. Kayu Manis

Kayu manis dikenal sebagai salah satu rempah khas Indonesia yang memiliki aroma khas. Aroma yang dikeluarkannya itu ternyata tidak disukai oleh semut. Jadi untuk mengusir semut api, anda bisa memanfaatkan bahan tersebut. Anda hanya perlu meletakkan beberapa batang kayu manis dekat dengan sumber area yang sering dilaluinya.

Tidak perlu waktu lama hingga para semut menghindar dan menjauh dari area tersebut. Anda juga bisa menumbuk kayu manis tersebut agar bisa lebih mudah saat menyebarnya. Selain itu, cara ini juga akan membuat aroma kayu manis lebih keluar dan membuat semut semakin enggan untuk datang. Cara ini cukup efektif dan tahan lama mengingat kayu manis bukan produk mudah basi.

  1. Bawang Putih

Cara mengusir semut api yang selanjutnya adalah menggunakan bawang putih. Bumbu dapur yang satu ini memiliki aroma yang sangat menyengat. Tidak heran jika kemudian aroma tersebut tidak disukai oleh semut. Cara penggunaannya juga mudah karena anda hanya perlu mengupas beberapa siung bawang putih kemudian meletakkannya di bagian yang sering dilalui oleh semut api.

Dengan mengikuti beberapa cara yang telah disebutkan tadi, semut api bisa menghilang dengan cepat. namun untuk pembasmian yang lebih ampuh, tidak ada salahnya bagi anda untuk menggunakan bahan kimia. Berbagai informasi lain seputar bahan untuk membunuh semut dapat anda cari di halaman website  how to get rid of ants in apartment.