Pendidikan

Cara Menguasai Bahasa Inggris dengan Cepat

Masih sulit dalam menguasai bahasa Inggris? Jangan menyerah, teruslah berlatih. Anda mungkin hanya belum menemukan metode yang tepat untuk melatih kemampuan bahasa Inggris Anda, sehingga masih belum juga bisa menguasainya. Sebenarnya, ada cara cara menguasai bahasa Inggris dengan cepat. Kuncinya, pahami 4 elemen dasar dalam berbahasa Inggris.

  1. Pahami bentuk kata (tenses)

Tenses merupakan salah satu rumusan dasar dalam memahami bahasa Inggris. Di Indonesia, tenses sudah diajarkan sejak usia Sekolah Dasar (SD). Pahami tenses sesederhana memahami waktu dan peristiwa. Maka, Anda akan sedikit demi sedikit memahami bentuk kata yang pas dalam berbahasa Inggris. Dalam beberapa kasus, tenses perlu dihafalkan. Karenanya, berlatihnya secara rutin.

  1. Berlatih mendengarkan (listening)

Mendengarkan adalah salah satu cara paling sederhana untuk bisa cepat menguasai bahasa Inggris. Dengan mendengarkan, secara tidak langsung Anda akan terbiasa dengan berbagai istilah dalam bahasa Inggris. Semakin familiar dengan kosakata yang disebutkan, maka semakin mudah juga mempelajarinya. Anda bisa mulai belajar ‘listening’ melalui musik, film, dan bentuk audio lainnya.

  1. Berlatih membaca (reading)

Jika sudah terbiasa dengan mendengarkan, maka selanjutnya kombinasikan kemampuan tersebut dengan membaca bacaan dalam bahasa Inggris. Mungkin bagi Anda yang belum lancar dan menguasai banyak kosakata bahasa Inggris akan cukup keculitan memahami intisari bacaan. Cobalah mulai dengan membaca beberapa teks atau kalimat dalam bahasa Inggris.

Jangan lupa untuk selalu menggarisbawahi kata atau kalimat yang tidak dipahami saat membaca dan segera cari arti katanya. Tidak perlu terburu-buru ingin cepat mahir berbahasa Inggris. Perlahan-lahan, Anda akan mendapatkan banyak kosakata baru lagi dan lagi hingga perbendaharaan kata Anda menumpuk.

  1. Berlatih menulis (writing)

Ketika perbendaharaan kata dalam bahasa Inggris Anda sudah semakin menumpuk, maka Anda memiliki referensi kata yang banyak untuk memulai langkah selanjutnya, yaitu menulis atau mengkoreksi kalimat dalam bahasa Inggris. Dengan menulis, Anda bisa mengetahui sejauh mana kemahiran Anda dalam memahami bahasa Inggris yang sudah Anda pelajari dari tahap per tahap.

Berbekal tenses yang sudah cukup Anda pahami, kebiasaan mendengarkan kalimat berbahasa Inggris, dan kebiasaan membaca bahasa Inggris, maka uji diri sendiri agar tau sejauh mana Anda menguasai bahasa Inggris. Tidak perlu terburu-buru membuat banyak paragraf, menulislah dari kalimat yang ringan-ringan tentang keseharian Anda. Bisa juga memulainya dengan menulis semacam diary.

  1. Berlatih bicara (speaking)

Cara menguasai bahasa Inggris dengan cepat juga bisa dilakukan dengan berlatih bicara atau speaking. Berbicara adalah pengaplikasian dari seluruh tahapan yang telah disebutkan. Mengapa ditaruh di tahap akhir? Sebab, bicara membutuhkan skill yang lengkap. Bagaimana bisa lancar bicara jika tidak paham tenses, kurang menguasai kosakata, dan belum tau sejauh mana kemampuan Anda?

Apalagi, bicara membutuhkan kepercayaan diri yang tinggi yang tidak bisa diaplikasikan begitu saja. Dengan tenses yang sudah dipahami, perbendaharaan kata yang cukup, dan paham akan kemampuan diri, maka Anda bisa mencapai kepercayaan diri yang cukup untuk mulai berbicara dengan bahasa Inggris.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menguasai bahasa Inggris dengan cepat. Cara sesederhana apapun untuk belajar bahasa Inggris, jika tidak dijalankan dan diulangi, maka tidak akan bisa dikuasai. Jika Anda butuh tutor profesional untuk membimbing perjalanan belajar bahasa Inggris Anda, ikutilah kursus bahasa Inggris online, sehingga tidak begitu mengganggu kesibukan Anda.