Technology

Kurangi Pop-Up Mengganggu, Simak Cara Menghilangkan Notifikasi Di Chrome Berikut

 

Notifikasi memang didesain untuk memberitahu pengguna akan informasi terbaru. Tetapi, kemunculan notifikasi yang terlalu sering bahkan tidak penting bisa menjadi gangguan. Apalagi bagi Anda yang menggunakan peramban Chrome di smartphone atau komputer. Untuk kurangi popup nakal tersebut, berikut cara menghilangkan notifikasi di chrome yang bisa dicoba.

Memblokir Notifikasi Dari Situs Tertentu

Jika Anda menemukan suatu situs memiliki notifikasi berlebihan, maka Anda bisa memilih blokir tertarget. Di sini, Anda harus membuka aplikasi Chrome terlebih dahulu. Kemudian, masukkan alamat dan buka situs yang ingin diblokir. Baik di perangkat gawai ataupun desktop, Anda akan menemukan tombol tiga titik di sebelah URL.

Ketuk tombol tersebut dan pilih opsi informasi. Kemudian Anda akan dialihkan pada halaman setelan situs yang berisi seluruh setting dasar dari Chrome yang berlaku di situs tersebut. Lanjutkan dengan memilih tab Notifikasi kemudian ketuk opsi Blokir. Perlu Anda ketahui, bahwa opsi Notifikasi hanya muncul jika situs memiliki kemampuan untuk kirim pemberitahuan.

Menonaktifkan Notifikasi Secara Menyeluruh

Jika Anda tidak ingin pusing melakukan setting satu persatu, maka bisa lakukan blokir semua situs. Perlu diketahui bahwa opsi ini akan menghilangkan notifikasi dari semua situs yang Anda datangi, baik itu mengganggu atau pun tidak. Jika Anda setuju dengan cara yang satu ini, maka lakukan tahap yang sama dengan cara sebelumnya.

Pertama buka Chrome dan masukkan URL. Kemudian ketuk tanda tiga titik vertikal dan masuk opsi setelan. Di dalam laman setelan situs, pilih tab notifikasi atau pemberitahuan. Anda bisa memilih opsi nonaktifkan setting atau setelan yang ada pada bagian atas halaman. Dengan begitu, tidak akan ada lagi pemberitahuan yang muncul di device.

Memberhentikan Pop-Up                         

        

Sering kali cara menghilangkan notifikasi di chrome juga dikaitkan dengan pop-up, yang mana tidak kalah mengganggu seperti notifikasi. Masalah yang satu ini juga berkaitan erat dengan adanya keinginan situs untuk mengalihkan pengunjung pada halaman lain. Kemunculan pop up dan halaman tidak penting akan mengurangi optimasi browser.

Untuk itu, Anda bisa menonaktifkannya dengan bantuan setting dari Chrome. Yang perlu Anda lakukan adalah membuka aplikasi Chrome terlebih dahulu. Tanpa memasukkan alamat, Anda bisa langsung mengetuk tombol tiga titik di sebelah kolom URL. Setelah masuk, pilih opsi setelan dan navigasikan ke setelan situs.

Di halaman yang muncul, scroll dan cari opsi pop-up dan pengalihan. Jika opsi ini tidak muncul, kemungkinan besar aplikasi Chrome yang Anda gunakan sudah lama. Lakukan update untuk mendapat fitur terbarunya. Jika Anda sudah menemukan opsi pop-up dan pengalihan, pilih setting nonaktifkan atau disable.

Berselancar Dengan Mode Samaran

Ada juga cara lain yang cukup unik, yakni dengan menggunakan mode samaran atau incognito. Mode ini sudah tersedia untuk aplikasi desktop maupun android (terbaru). Di mode ini, Anda tidak akan mendapatkan notifikasi atau pop-up apapun selama mode berjalan. Hal ini juga berlaku untuk histori pencarian.

Namun sayangnya, tidak berarti semua notifikasi atau pop-up akan terhalang. Pasalnya pemblokiran hanya berjalan sementara waktu. Bahkan tidak sedikit situs bandel mampu melewati default security system dari mode incognito. Anda dapat mengenal lebih jauh akan mode ini di leskompi.

Itulah tiga jenis dan cara menghentikan notifikasi yang bisa Anda lakukan baik di gawai atau desktop. Pada dasarnya, notifikasi peramban Chrome punya default setting untuk memberi informasi mengenai notifikasi dari web, aplikasi, atau ekstensi yang dimiliki. Anda bisa coba menghilangkan pemberitahuan secara menyeluruh, tertentu, dan pop up sesuai kebutuhan.