Technology

6 Cara Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Konek Internet atau Wifi

Untuk pengguna gadget maupun komputer, internet merupakan bagian penting yang tidak bisa dipisahkan. Termasuk juga bagi para pengguna Windows 10.

Dan agar bisa tersambung ke internet di Windows 10, kita membutuhkan koneksi dari provider. Baik itu dari seluler maupun internet kabel.

Lantas apa jadinya jika Windows 10 tidak bisa tersambung ke internet? Hal ini cukup banyak dialami.

Namun kamu tidak perlu khawatir, karena di artikel ini akan dijelaskan cara mengatasi Windows 10 yang tidak bisa konek internet.

Penyebab Windows 10 Tidak Bisa Konek Internet

Pertama kamu harus mengetahui terlebih dulu apa penyebab Windows 10 yang tidak dapat konek internet.

Penyebab umumnya adalah bug pada sistem, yang membuat proses koneksi jadi terganggu. Bug ini dapat terjadi pada provider serta koneksi WiFi.

Tidak ada ciri khusus dari masalah Windows 10 tidak bisa konek. Namun umumnya pesan can’t connect to this network yang paling sering muncul.

Cara Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Konek Internet

Berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi Windows 10 tidak bisa tersambung ke internet. Silahkan disimak.

1. Reset Pengaturan Jaringan

Pertama kamu bisa mereset pengaturan jaringan terlebih dahulu. Opsi reset ini merupakan fitur bawaan Windows 10 yang tidak ada di versi-versi Windows sebelumnya. Dengan reset, nantinya kamu dapat mengembalikan semua pengaturan jaringan seperti semula.

Cara resetnya mudah. Kamu buka Settings Windows 10, kemudian cari pengaturan jaringan. Kalau sudah, cari lagi menu Internet Status, kemudian klik tombol Reset.

Setelah jaringan direset, disconnect jaringan internet kamu agar pengaturannya mengefek. Kalau sudah, coba tes kembali konek internetnya.

2. Ubah IP Jadi DHCP

Pengaturan IP di Windows 10 sebenarnya sudah diatur secara otomatis. Hanya saja, mengubah IP secara manual ke pengaturan DHCP, terkadang dapat membantu juga untuk mengatasi Windows 10 yang tidak dapat konek internet.

Berikut caranya:

  1. Buka Settings Windows 10.
  2. Pergi ke Network & Internet > Ethernet atau Wi-Fi
  3. Klik jaringan yang tersedia
  4. Klik opsi Edit pada kolom IP
  5. Buka menu dan pilih opsi Automatic (DHCP). Kemudian klik Save
  6. Klik Done

3. Restart Router

Bagi kamu pengguna router, kamu bisa coba merestart routernya. Cara ini juga direkomendasikan oleh banyak provider internet kabel, jika penggunanya mengalami masalah tidak dapat konek ke internet.

Melansir dari situs Uplotify.id, untuk mereset router kamu tinggal tekan saja tombol restart yang terdapat pada casing router. Atau selain tombol restart, kamu juga bisa menekan tombol power selama beberapa detik. Nanti router akan mati.

Kalau router sudah mati, selanjutnya silahkan kamu nyalakan kembali routernya, dan tes sambungkan koneksi internetnya.

4. Restart Modem

Selain router, bagi kamu pengguna modem biasa juga kamu bisa merestart modemnya. Caranya kurang lebih sama, yaitu dengan menekan tombol restart.

Khusus jika kamu memakai modem USB, kamu bisa melepas modem tersebut kemudian memasangnya kembali.

Dengan cara ini koneksi pada modem akan direset, dan masalah koneksi pada internet dapat teratasi.

5. Periksa Koneksi Internet

Provider gangguan bisa jadi salah satu penyebab kenapa Windows 10 kamu tidak dapat terhubung ke internet. Untuk itu, kamu perlu memeriksa koneksi internet, apakah sedang gangguan atau tidak.

Caranya cukup mudah. Kamu buka Command Prompt (CMD), kemudian ketik ping google.com. Tunggu beberapa saat.

Maka nanti CMD akan mengirimkan pesan. Jika itu Reply, maka koneksi internet normal. Tapi jika itu Timed Out, maka koneksi internet bermasalah.

6. Hubungi Provider

Terakhir kamu harus menghubungi provider. Masih sehubungan dengan penjelasan sebelumnya, saat kita cek koneksi internet bermasalah, menghubungi provider adalah solusi yang paling optimal.

Kamu bisa menghubungi provider melalui nomor telepon resmi mereka. Atau melalui sosial media juga bisa. Jelaskan masalah koneksi yang sedang kamu alami, agar CS provider tersebut bisa membantu.

Jika ada kendala khusus, mungkin mereka juga nanti akan mengirimkan teknisi untuk memperbaiki koneksi internet kamu.

Windows 10 tidak dapat terkoneksi ke internet merupakan masalah yang bisa merepotkan. Apalagi jika memang kita setiap hari sering terhubung ke internet.

Semoga penjelasan ini dapat membantu.