Kesehatan

Cara Mengatasi Badan Pegal Saat Bangun Tidur

Badan pegal saat bangun tidur, kini bukan menjadi masalah yang serius lagi. Karena kita juga bisa mengatasi dengan mudah. Jadi sekarang tak perlu lagi banyak mengeluh saat bangun tidur badan terasa pegal.

Ini dia cara mengatasi badan pegal saat bangun tidur yang perlu kamu tahu.

1. Melakukan Peregangan Otot Sederhana

Untuk cara pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan peregangan otot. Namun sebenarnya secara tak sadar kita juga seringkali melakukan hal ini setelah bangun tidur.

Untuk peregangan yang kita lakukan yaitu diseluruh badan seperti tangan, kaki serta leher. Setelah itu lanjutkan dengan banyak mengonsumsi air mineral.

2. Pijat Bagian Tubuh Secara Lembut

Cara mengatasi kedua yaitu dengan melakukan pijatan lembut khususnya di daerah leher atau di bagian tubuh lain. Sebelum melakukan pemijatan ini sebaiknya terlebih dahulu kamu melakukan peregangan.

Dan saat melakukan pemijatan disarankan juga untuk menggunakan minyak zaitun agar badan terasa lebih nyaman dan rileks.

Untuk pijat yang efektif kamu bisa memesan pijat panggilan secara online, sehingga efek dari pijat akan lebih terasa dan badan menjadi lebih rileks.

3. Hindari Makanan Pemicu Peradangan

Beberapa makanan bisa menimbulkan peradangan seperti gorengan, makanan manis, karbohidrat olahan dan makanan cepat saji. Sebaiknya kita juga harus memilih makanan yang aman serta bisa melindungi tubuh dari peradangan.

Makanan tersebut bisa berupa sayuran, buah-buahan, berbagai makanan laut serta biji-bijian. Makanan itu mengandung banyak antioksidan yang berguna untuk mengurangi peradangan.

4. Olahraga Ringan

Dengan melakukan olahraga ringan serta tidak berlebihan maka akan membantu kamu mengatasi rasa pegal terutama setelah bangun tidur. Karena dengan berolahraga maka sendi-sendi akan dilumasi untuk mencegah pegal dan kaku.

Untuk lamanya olahraga ringan cukup 30 menit dalam sehari selama lima kali dalam seminggu. Sebaiknya kita juga harus memilih waktu yang tepat untuk melakukannya.

Dan bagi beberapa orang sebaiknya juga menghindari olahraga sebelum tidur, karena hal ini bisa menyebabkan insomnia dan badan menjadi pegal-pegal.

Dengan berolahraga juga menjadikan massa otot tetap lentur. Dan massa otot yang rusak akan berakibat pada peradangan.

5. Penuhi Kebutuhan Vitamin D

Vitamin D juga sangat penting bagi tubuh kita terutama agar kinerja organ tubuh menjadi tidak terganggu. Kebutuhan vitamin D setiap orang tentu saja akan berbeda. Hal ini tergantung dari usia serta faktor resiko.

Dan yang harus kamu tahu bahwa rata-rata kebutuhan harian vitamin D setiap orang yaitu 600 IU – 800 IU.

Cara untuk mendapatkan vitamin D ini sangat mudah sekali, diantaranya dengan berjemur dibawah sinar matahari. Cukup lakukan selama 10 sampai 15 menit saja dalam sehari terutama di pagi hari.

Vitamin D juga bisa kamu peroleh pada ikan, jamur, kuning telur, susu, jus jeruk, dan sereal.

6. Redakan Stres

Dengan berolahraga, yoga serta pijat akan membantu kamu mengurangi peradangan sekaligus stres. Selain itu kamu juga bisa menambahkan untuk melakukan meditasi agar bisa menurunkan ketegangan serta mencegah badan menjadi pegal setelah bangun tidur.

Dengan melakukan ini sudah terbukti secara klinis bisa mengurangi nyeri serta menghilangkan rasa tak nyaman pada tubuh.

7. Menciptakan Suasana Kamar yang Kondusif

Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas tidur kamu yaitu dengan menciptakan suasana kamar yang nyaman. Ruangan kamar hendaknya bersih serta matikan lampu dan hindari gadget.

Namun jika kamu tidak menyukai ruangan yang gelap maka kamu bisa menggantinya dengan menggunakan lampu yang redup dan jauhkan gadget agar tidak mengganggu di waktu tidur.