Pendidikan

Tidak Sulit, Berikut 4 Cara Mendapatkan Pekerjaan di Internet yang Patut Dicoba

Perkembangan internet yang begitu pesat memberikan banyak kemudahan bagi kehidupan manusia. Salah satunya adalah saat ini para pencari kerja tidak perlu berkeliling kota untuk mencari info lowongan maupun memasukkan lamaran, karena semua sudah bisa dilakukan via daring. Bagaimana cara mendapatkan pekerjaan di internet ? Yuk simak selengkapnya pada ulasan berikut.

Tips Mencari Kerja Via Online

  1. Gunakan Aplikasi Lowongan Kerja

Saat ini sudah tersedia cukup banyak aplikasi lowongan kerja terpercaya yang bisa anda unduh untuk mencari pekerjaan secara daring. Bahkan berbagai aplikasi ini sudah dibekali beberapa fitur yang memudahkan para pencari kerja, seperti profil lengkap perusahaan yang membuka lowongan, alamat, kisaran gaji yang ditawarkan untuk posisi tersebut, hingga tombol apply atau kirim lamaran.

Menariknya lagi, aplikasi lowongan kerja menyediakan info lowongan kerja yang amat beragam sehingga anda bisa menemukan banyak sekali lowongan di sana. Namun jangan khawatir merasa bingung dengan banyaknya lowongan yang tersedia, karena biasanya tersedia fitur filter yang memungkinkan anda untuk menemukan lowongan sesuai dengan bidang yang anda cari.

  1. Gunakan Sosial Media

Di zaman modern seperti sekarang, hampir semua orang rasanya memiliki sosial media. Tidak heran jika akun akun lowongan kerja juga banyak sekali ditemukan pada linimasa. Lowongan lowongan yang dibagikan juga banyak sekali, mulai dari perusahaan kecil hingga perusahaan besar. Dalam hal ini, sosial media yang bisa anda manfaatkan seperti Facebook dan Instagram.

Cara mencari lowongannya pun tidak sulit, di Instagram misalnya, anda hanya perlu menggunakan hashtag loker, job vacancy, atau lowongan kerja untuk mencari lowongan yang tersedia. Setelah menemukan sesuai kualifikasi yang dimiliki, cara mengirim lamaran lewat email di HP juga bisa segera dilakukan.

Mencari pekerjaan di zaman sekarang memang terlihat begitu mudah, karena bisa dilakukan hanya dalam satu genggaman saja. Namun ingat untuk tidak mudah tergiur dengan gaji tinggi semata, jika mencari lowongan kerja via online. Karena banyaknya pengguna media sosial memang tidak menutup kemungkinan banyaknya penipuan yang ada.

  1. Cari Situs Terpercaya

Tidak hanya sosial media dan aplikasi lowongan kerja saja yang bisa anda andalkan sebagai cara mendapatkan pekerjaan di internet. Karena saat ini juga banyak situs situs terkenal yang menyediakan informasi loker. Jika situsnya sudah terkenal dan terpercaya, maka akan lebih memperkecil kemungkinan penipuan yang ada, tidak sebesar yang ada di media sosial.

Karena seperti yang telah disebutkan, penggunaan internet yang begitu luas tidak menutup kemungkinan banyaknya orang yang menipu menggunakan iklan kerja dan ujung ujungnya hanya meminta uang. Jika menemukan perusahaan mencurigakan yang meminta uang muka misalnya untuk travel dan lain sebagainya sebelum interview, sebaiknya langsung ditinggal saja.

  1. Subscribe Situs Lowongan Kerja

Agar anda tidak ketinggalan berbagai info terbaru terkait dengan lowongan kerja yang dibagikan pada situs lowongan kerja, maka jangan lupa untuk klik tombol subscribe. Saat klik tombol subscribe pada situs, biasanya anda akan diminta untuk memasukkan alamat email. Nantinya, dari email lah anda bisa mendapatkan update terbaru seputar lowongan kerja yang ada.

Jadi anda tidak perlu repot repot membuka kembali situs setiap saat untuk mengecek apakah ada info terbaru seputar lowongan kerja. Karena update-nya sudah langsung dikirimkan melalui email. Cara ini terbilang cukup efisien, karena anda bisa sambil menyiapkan CV maupun portofolio dan langsung mengirimnya melalui email apabila ada lowongan yang sesuai.

Mencari pekerjaan melalui internet terbilang tidak sulit bukan ? Dengan adanya internet dan smartphone yang dapat mengakses internet secara bebas, anda sudah bisa mendapatkan banyak sekali info lowongan kerja hanya dari rumah saja. Bahkan pengiriman lamaran kerja beserta dengan CV juga bisa dilakukan via online melalui email.