Uncategorized

Cara Mencuci Helm Bagian Dalam dan Luar

 

Bagi kamu yang suka naik motor, ada baiknya jika tidak lupa untuk memperhatikan kebersihan dari helm yang sering kamu pakai. Helm berbau tidak sedap tentunya dapat mengganggu aktivitasmu ketika sedang berkendara. Untuk itu, berikut ini akan dijelaskan tentang bagaimana cara mencuci helm pada bagian luar dan dalamnya agar tetap bersih dan wangi.

  • Pisahkah bagian luar dan dalam helm. Untuk bagian luarnya ada kaca dan batok helm, sedangkan bagian dalamny terdiri dari styrofoam dan busa berlapis kain. Sebelum proses pencucian dilakukan, sebaiknya pisahkan bagian luar dan dalam helm agar mempermudah ketika dicuci.
  • Pada umumnya, helm modern akan menggunakan kancing pada bagian busanya sehingga lebih mudah untuk dilepas. Namun, apabila busa pada bagian dalam helm susah dilepaskan, maka sebaiknya jangan dipaksa.
  • Dalam mencuci helm, pastikan bahwa kamu mencuci bagian luarnya terlebih dahulu. Gunakan lap microfiber untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel pada batok helmnya. Selanjutnya, aplikasikan wax pada batok helm untuk menjaga warna cat helm agar awet dan tidak mudah mengelupas.
  • Diamkan wax selama kurang lebih 10 menit saja, lalu bersihkan menggunakan lap kering. Untuk bagian kaca helm cukup bersihkan dengan air dan lap menggunakan kanebo.
  • Rendam styrofoam dan busa dengan air detergen selama 30 menit. Lalu sikat secara halus dan bilas menggunakan air hingga bersih.
  • Keringkan bagian dalam helm dengan menggunakan kipas angin atau hair dryer dan hindarkan terkena paparan sinar matahari secar langsung. Hal ini dilakukan agar warna helm tidak cepat memudar.

Setelah semua cara mencuci helm dilakukan, maka pasangkan kembali semua komponen tersebut hingga kembali ke bentuk semula. Helm pun akan lebih bersih dan wangi ketika digunakan. Selamat mencoba!