Rumah

Cara Membuka Pintu Yang Terkunci Dengan Peniti Dan Benda Lain

Anda sedang di dalam rumah dan akan keluar. Akan tetapi, pintu tidak dapat dibuka dan Anda berada di situasi terkunci. Kondisi serupa bisa terjadi saat di luar rumah dan ingin masuk. Kunci hilang atau lupa sehingga tidak dapat membuka pintu. Kondisi terkunci seperti ini membutuhkan upaya yang tepat sehingga mampu menyelesaikannya dengan aman. Anda dapat menggunakan beberapa benda seperti peniti dan kawat. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan berikut ini.

Beberapa Cara Membuka Kunci

  1. Peniti

Peniti merupakan benda kecil yang dipakai untuk mengaitkan dua sisi. Anda memakainya pada pakaian atau tempat lain. Bentuknya kecil dan pipih berasal dari kawat yang relatif kokoh. Cara memakainya adalah Anda memasukkan peniti tersebut secara langsung ke lubang anak kunci di pintu. Setelah itu, usahakan cari bagian tengah lalu menggerakkannya ke samping. Tujuan utama adalah membuat kunci tersebut semakin mudah dibuka secara perlahan.

  1. Penjepit kertas

Selain peniti, penjepit kertas juga sering digunakan saat terkunci. Prosesnya sama yaitu memakai benda ini agar mampu masuk ke dalam lubang kunci. Penjepit sangat kokoh untuk melakukan tugas tersebut.

  1. Kunci l

Kunci l yang kecil juga dapat digunakan untuk membuka pintu. Anda memasukkan bagian pipih tersebut ke lubang kunci. Selanjutnya, gerakkan perlahan hingga bagian tengah kunci bergeser. Gabungkan kunci dan peniti sehingga saling mendukung.

  1. Kartu kredit

Popsi lain untuk membuka pintu adalah kartu kredit. Berbeda dari peniti, cara buka pintu dengan kartu hanya berlaku pada sistem kunci latch atau yang digeser dari dalam atau luar. Kunci tersebut tidak memiliki anak kunci yang Anda bawa. Cara memakainya adalah selipkan kartu sehingga menjangkau bagian di luar. Setelah itu, gerakkan perlahan agar grendel atau latch berpindah lalu pintu terbuka. Selain kartu kredit, benda tipis dan kuat lainnya dapat digunakan untuk keperluan tersebut.

  1. Kawat gantungan

Dengan cara yang sama, Anda mengganti kartu dengan kawat gantungan. Kawat ini dapat menjangkau bagian lain dari kunci. Agar mudah dipegang, Anda perlu menekuk sisi kanan kiri dari gantungan tersebut.

Ahli Kunci Panggilan Terbaik Dan Terpercaya

Pintu terkunci dapat dibuka dengan cara Anda membongkar kunci tersebut. Siapkan obeng lalu secara perlahan buka bagian dalam hingga tersisa inti dari sistem kunci. Selanjutnya, Anda memakai bora tau pahat untuk menekan paksa bagian kunci ini. Opsi ini membutuhkan waktu dan hanya untuk situasi yang mendesak.

Cara klasik membuka pintu dengan paksa adalah mendobrak secara keras. Tentu saja, resikonya adalah pintu akan rusak dan kunci patah. Ada cara lain apabila ingin mendobrak dengan aman yaitu meloloskan baut di bagian engsel pintu. Anda mendorong dua sisi yaitu di area kunci dan sisi engsel tersebut. Opsi ini untuk mengurangi tekanan berlebih pada kusen.

Solusi terakhir adalah memanggil ahli kunci yang berpengalaman. Beberapa rumah menggunakan kunci yang canggih bahkan sudah elektronik. Mereka sengaja menerapkan sistem ini untuk meningkatkan keamanan. Namun, sistem juga rentan rusak dan error ketika salah input, getaran, gempa, dan buka paksa tanpa prosedur yang benar. Selanjutnya, Anda juga harus memilih ahli kunci yang terpercaya dan terbukti berpengalaman. Banyak orang mengaku dapat membuka pintu terkunci tetapi cara kerjanya justru membuat kerusakan semakin parah. Untuk mencegah hal tersebut, segera hubungi magmalocksmith.com sebagai tukang kunci panggilan dan duplikat terpercaya.