Technology

Cara Membuat Password Komputer

Password adalah sebutan untuk kata sandi. Berbicara mengenai Password, biasanya sangat berguna untuk melindungi keamanan. Baik password ponsel, laptop maupun password sebuah brankas hingga pin ATM sangat diperlukan.

Omong-omong soal password, kamu pasti kepikiran dengan kata sandi ponsel, bukan? Atau kata sandi laptop atau komputer? Ingin membuatnya? Mudah saja. Di bawah ini dikutip dari Ponselsoak adalah langkah-langkah dalam membuat kata sandi di komputer.

Membuat Password di Windows 10

Apakah kamu pengguna baru dalam membuat password? Terlebih pengguna windows 10? Sistem operasi terbaru ini akan memudahkan kamu dalam mengamankan perangkat komputer. Meski pada dasarnya sistem operasi ini sudah marak, penggunaannya hanya terbatas.

Dalam arti terbatas adalah bahwa sistem operasi yang satu ini hanya bisa dipasang pada komputer berspek tinggi. Jika komputer speknya rendah maka tidak bisa memasang windows tinggi ini. Dengan kata lain, bakalan ngelag.

Nah! Buat kamu para pengguna sistem operasi windows 10, berikut ini cara-cara menerapkan kata sandi supaya perangkat kamu jadi aman. Untuk windows 10 itu sendiri memiliki 2 cara dalam pembuatan kata sandi.

Pertama, dengan menggunakan control panel. Membuat kata sandi di sini bisa dimulai dari masuk ke control panel itu sendiri. Caranya? Mudah saja. Tinggal klik tombol start, kemudian masuk ke control panel.

Setelah itu pilih user account, akan muncul kotak dialog kamubtinggal pilih user account lagi. Silakan pilih manage another account kemudian klik yes. Akan muncul pesan konfirmasi di mana kamu harus memasukan kata sandi. Maka masukan saja, setelah itu selsai deh!

Cara kedua, dengan menggunakan setting. Pada langkah ini kamu tinggal masuk ke menu start, kunjungi menu settings. Setelah itu pilih menu Account lalu pilih sign-in option. Langkah berikutnya kamu tinggal pilih mode add untuk menambahkan password. Setelah itu klik next.

Membuat Password di Windows 8

Jika windows 10 adalah versi tertinggi saat ini, maka windows 8 berada di bawah oersing tingkatan windows 10. Dalam windows yang rilis pada tahun 2012 ini pengaturan kata sandi komputer sebenarnya tidak berbeda jauh dengan cara-cara sebelumnya.

Maka langsung saja untuk membuat kata sandi kamu tinggal masuk ke menu setting dengan cara gulirkan kursor ke kanan pada layar desktop kemudian pilih setting. Setelah itu klik change PC setting. Lanjut lagi ke bagian pemilihan menu Account, klik saja sign-in option.

Akan muncul kolom kata sandi, maka kamu tinggal klik add saja sebagai tanda menambahkan. Kemudian akan dijumpai 3 buah kolom. Di mana kolom pertama berisi pengisian password, kolom kedua konfirmasi password, dan kolom ketiga untuk petunjuk pengisian password.

Setelah itu kaku tinggal klik next saja. Nah! Sampai di sini maka pembuatan kata sandi kamu sudah resmi selesai. Selamat menikmati! Kini perangkat komputer kamu sudah aman dan terlindungi.

Membuat Password di Windows 7

Selanjutnya adalah pembuatan Password di Windows 7. Windows 7 tergolong sangat ringan. Tidak heran, ini karena windows 7 versi terdahulu dan dikenal dengan komputer yang kelas ringan, tidak melakukan pekerjaan berat.

Maka meski sudah tergolong lama bukan berarti kamu tidak bisa menerapkan sisi keamanan di dalamnya, ya! Untuk memasang password hampir serupa dengan langkah-langkah yang sudah kami sebutkan di atas. Hanya saja caranya agak berbeda karena windows ini lebih sederhana.