Technology

Cara Bersihkan Laptop Tanpa Aplikasi

 

File file sampah menumpuk pada laptop, sebaiknya dibersihkan agar tidak lemot. Tapi, jangan bersihkan file sembarangan ya, karena bisa membuat laptop kamu eror.

Kalau ingin bersihkan laptop, sebaiknya hati hati. Jangan sampai menghapus file seperti system 32, Page File, atau WinSxs sebab file ini penting. Usahakan untuk menghindari menghapus file selain dari folder download, musik, gambar, video atau dokumen dan desktop.

Jangan lupa arsipkan file penting ke flashdisk atau penyimpanan eksternal lain dengan kapasitas cukup besar agar ketika dibutuhkan mudah digunakan kembali.

Nah setelah mengetahui sekilas tips dalam hapus file di laptop, sekarang kamu bisa mulai menghapus sampah sampah di laptop kamu. Ada beberapa cara membersihkan sampah laptop. Baik menggunakan aplikasi tambahan maupun tidak. Nah, berikut ini akan diberikan tutorial cara membersihkan virus di laptop tanpa aplikasi. Simak selengkapnya berikut ini.

  1. Cara Membersihkan Sampah di Laptop dengan Disk Cleanup

Cara pertama bersihkan laptop pertama tanpa aplikasi, adalah dengan disk cleanup. Dengan ini, kamu bisa bersihkan sampah sampah penyebab lemot laptop tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan. Berikut ini caranya :

Kamu tinggal klik file explore. Lalu pilih local disk yang ingin kamu bersihkan total. Kalau local disk C, maka kamu tinggal klik kanan.

Selanjutnya, pilih menu properties, letaknya ada di paling bawah. Kemudian kamu cari disk cleanup lalu klik. Selanjutnya kamu Klik seluruh file to delete.Klik ok. Proses ini hanya beberapa saat dan  selesai, sekarang kamu sudah berhasil bersihkan laptop.

  1. Cara Membersihkan Sampah di Laptop dengan Fitur Search

Cara bersihkan laptop tanpa aplikasi kedua yaitu dengan fitur search. Dengan cara ini kamu tak perlu aplikasi tambahan apapun untuk bersihkan laptop. Cara ini hampir sama dengan cara pertama. Berikut ini tutorialnya :

Pada fitur pencarian (type here to search), Ketik disk cleanup. Kalau sudah, tunggu sebentar sampai tampil tulisan Disk Cleanup :Drive Selection. Kemudian silahkan pilih drive yang ingin dibersihkan dari file sampah.

Setelah itu, klik OK dan tunggu sebentar, file sampah bakal muncul. Centang semua file yang ingin kamu hapus kemudian klik PK untuk menghapus dan membersihkanya.

  1. Membersihkan Sampah di Laptop dengan Fitur Run

Cara bersihkan sampah di laptop tanpa aplikasi yang ketiga adalah, dengan gunakan fitur Run. Caranya cukup simpel, berikut ini langkah langkahnya :

Teklab tombol windows + R di keyboard untuk buka fitur Run. Lalu ketikan  temp. Setelah mengetiknya, akan terbuka file eksplorer dan menunjukan semua folder temp. Selanjutnya, select selurih folder yang muncul dan tekan delete pada keyboard.

Setelah itu,  tab lagi windows + R pada keyboard. Kemudian ketikan  %temp% di fitur Run maka file explorer terbuka kembali.

Selanjutnya silahkan hapus semua file yang tampil. Kemudian masuk ke Recycle Bin lalu kosongkan Recycle Bin.

Cara Membersihkan Virus di Laptop Dengan aplikasi

Nah itulah tadi beberapa cara bersihkan laptop tanpa aplikasi menggunakan fitur bawaan laptop kamu. Namun, kalau kamu ingin membersihkan laptop dengan aplikasi juga bisa. Untuk rekomendasinya, bisa memilih aplikasi CCleaner dan aplikasi AVG Tune Up.

1. Cara bersihkan laptop dengan CCleaner

Aplikasi satu ini cukup bisa diandalkan bersihkan sampah di laptop bahkan bisa juga hapus file duplikat. Kamu tinggal instal CCleaner di laptop kamu, lalu buka aplikasinya.

Setelah itu klik tombol Run di tab cleaner, letaknya di pojok kanan bawah. Selanjutnya, kamu mengonfirmasi, maka kamu klik tombol continue. Di Tahap ini proses scanning berjalan. Disini, kamu akan diminta konfirmasi lagi untuk tiap program yang dihapus atau dibersihkan

Tunggu saja sebentar sampai pembersihan file sampah selesai. Bersihkan juga registry, caranya klik tab menu registry letaknya di samping kiri. Kemudian, klik tombol scan san tunggulah sampai scanning selesai. Setelah itu, kamu tinghal klik tombol fix selected.

2. Cara bersihkan sampah laptop dengan aplikasi AVG Tune Up

Kamu juga bisa coba gunakan aplikasi lainya untuk bersihkan sampah laptop seperti misalnya aplikasi AVG Tune Up. Aplikasi ini juga berguna untuk optimasi performa daya baterai jadi lebih awet dan tingkatkan performa Windows.

AVG Tune Up bisa juga melakukan penghapusan file sampah laptop secara terjadwal. Cara menggunakanya mudah. Tinggal download dan instal aplikasinya di laptop. Lalu buka, disana ada beberapa opsi action . Kamu pilih opsi free up space. Lalu tunggu sebentar sampai proses scan selesai. Setelah itu klik system cache dan logs, kemudian klik show lalu klik Clean, selesai. Kini file sampah laptop sudah terhapus.