Pendidikan

Cara Membeli Saham secara Online dengan Mudah

Saat ini ada cara untuk membeli saham yang cukup mudah dilakukan. Salah satunya adalah dengan membelinya secara online. Dengan begitu, hal tersebut akan menjadi salah satu kemudahan bagi orang yang memerlukannya. Akan tetapi, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara membelinya dengan mudah.

Cara Mudah untuk Membeli Saham Online

Anda bisa membeli saham secara online melalui internet. Akan tetapi, pastikan untuk melakukannya dengan benar dan teliti. Jangan sampai memilih jasa broker saham yang belum terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan secara resmi. Di bawah ini beberapa cara membelinya yang bisa Anda lakukan:

  1. Pendaftaran rekening saham

Langkah pertama adalah dengan mendaftarkan diri terlebih dahulu untuk memiliki rekening saham. Umumnya, hal tersebut dapat dilakukan lewat perusahaan sekuritas yang ada di Indonesia.

  1. Daftarkan rekening saham dan dana nasabah

Tidak ada salahnya bagi Anda untuk mendaftarkan rekening saham sekaligus dengan dana nasabah secara langsung. Hal ini juga dapat dilakukan pada kantor perusahaan sekuritas. Terlebih proses pendaftaran ini juga dapat dilakukan secara online.

  1. Instal aplikasi online

Ada banyak perusahaan yang sudah menyediakan aplikasi trading untuk melakukan transaksi saham dengan cara yang lebih mudah. Oleh karena itu, Anda bisa mendaftarkan diri pada salah satu perusahaan sekuritas yang ada melalui aplikasi tersebut yang sudah diinstal sebelumnya agar dapat membeli saham.

  1. Setor deposit awal

Apabila Anda sudah memperoleh konfirmasi lebih lanjut melalui perusahaan sekuritas yang didaftarkan bahwa akun serta rekening dana nasabah sudah aktif, maka dapat melakukan langkah selanjutnya. Yakni dengan melakukan penyetoran dana sebagai deposit awal. Adapun besaran yang perlu disetorkan tersebut tergantung dengan aturan perusahaan sekuritas.

  1. Mulai membeli saham

Jika sudah, maka Anda bisa melakukan transaksi jual beli sama lebih lanjut. Untuk minimal pembelian saham sendiri pada umumnya adalah 1 lot. 1 lot saham tersebut juga akan sama dengan pembelian 100 lembar saham. Begitu juga saat ingin menjualnya kembali.

Tips Bermain Saham secara Online untuk Pemula

Saat seseorang bermain saham tentu tidak ingin yang namanya mengalami kerugian. Oleh karena itu, agar tidak mengalami kerugian pastikan Anda menerapkan beberapa tips bermain saham secara online yang sebelumnya sudah dibeli berikut:

1. Pilih perusahaan yang terdaftar di OJK

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pastikan Anda melakukan pembelian saham secara online pada perusahaan sekuritas yang sudah terdaftar di OJK secara resmi. Terlebih saat ini ada banyak perusahaan yang bisa dipilih. Tentu saja tidak semua perusahaan tersebut terdaftar di OJK.

2. Cek deposit awal setiap perusahaan

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan cek deposit awal serta fee transaksi saham yang ada pada setiap perusahaan sekuritas. Sebagai rekomendasi, akan lebih baik jika Anda menyesuaikan dengan budget investasi yang dimiliki saja.

3. Baca dulu tutorial jual beli saham dari perusahaan

Agar tidak bingung, tidak ada salahnya untuk menonton tutorial jual beli saham yang sudah diberikan oleh setiap perusahaan sekuritas. Anda bisa menontonnya lewat aplikasi, website, ataupun Youtube. Tidak ada salahnya juga untuk bertanya langsung kepada perusahaan yang diinginkan.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan saat ingin membeli saham secara online. Pastikan juga untuk menerapkan beberapa tips bermain saham yang sudah dijelaskan di atas agar nantinya tidak mendapatkan kerugian berlebih. Untuk mendapatkan info lain lebih lanjut, maka jangan lupa untuk mengunjungi laman berikut Bacadenk.com.