Technology

Ini Dia Cara Edit Video Gelap Menjadi Terang dengan Mudah

Video yang gelap menjadi masalah tersendiri bagi sebagian orang. Video tidak dapat terlihat dengan jelas dan akan membuat sakita mata kita. Kali ini kita akan membahas cara edit video yang gelap menjadi video yang terang dengan sangat mudah menggunakan fitur bawaan dari beberapa aplikasi editing video.

Apa Itu Video Dengan Cahaya Gelap

Video dengan cahaya yang gelap adalah video yang menampilkan lebih banyak warna gelap dan cenderung kekurangan pencahayaan. Video ini biasanya dihasilkan oleh kurangnya cahaya yang masuk pada lensa kamera dan juga karena lensa kamera berada pada titik dimana antara lensa dan sumber cahaya saling berhadapan. Video bercahaya gelap biasanya kurang menarik perhatian dan akan menghilangkan beberapa detail objek. Selain itu, jika menonton video dengan pencahayaan yang gelap juga akan membuat kita merasa kurang nyaman. Maka dari itu kita membutuhkan aplikasi untuk mengedit video tersebut agar dapat lebih menerangkan cahaya dan membuat video dapat terlihat dengan jelas.

Cara Menerangkan Video dengan Aplikasi Sederhana

Pada masa yang serba canggih ini kita dapat menggunakan berbagai aplikasi untuk editing video gelap menjadi terang. Beberapa aplikasi juga sudah menyematkan fitur auto correct untuk mengkoreksi warna yang dan cahaya yang ada pada video tersebut. Berikut adalah beberapa cara edit video gelap menurut pondband.net.

  1. Mengatur kontras video

Kontras merupakan salah satu hal yang penting dalam video. Dengan mengatur kontras kita dapat menentukan gelap terangnya suatu video. Kita dapat menggeser kontras ke kiri untuk menghasilkan cahaya uang lebih gelap dan menggeser ke arah kanan untuk cahaya yang lebih terang. Kontras merupakan salah satu elemen pada video yang berkaitan dengan cahaya pada video tersebut.

  1. Mengatur saturasi warna

Aturasi warna berkaitan dengan dingin hangatnya warna. Saturasi warna ini berkaitan dengan warna biru dan merah pada suatu video. Dengan mengatur saturasi warna ini kita dapat menjadikan video yang gelap menjadi lebih terang. Koreksi warna akan dilakukan secara otomatis oleh aplikasi sehingga kita hanya perlu menggeser papan yang ada. Selain itu kita juga dapat mengatur ekstensi warna yang ada agar komposisi warna terlihat lebih seimbang. Dengan begini video yang kita buat akan semkin menarik untuk dilihat.

  1. Menambah brightness video

Brightness merupakan alemen yang penting pada sebuah video. Hal ini berkaitan dengan kecerahan yang ada pada video tersebut. Dengan mengatur kecerahan kita dapat dengan mudah mengubah video gelap menjadi terang. Namun, kecerahan ini jika tidak diperhatikan dengan baik malah akan membuat video yang kita buat akan kehilangan detail karena terlalu terang. Maka dari itu pengaturan editing pencerahan ini harus dilakukan bersamaan dengan custom  color agar warna yang ada pada video tidak kabur.

  1. Menggunakan filter auto correct

Filter ini dapat ditemukan di beberapa aplikasi edit video. Tidak semua aplikasi editing video menyematkan fitur ini. Aplikasi tersebut diantaranya adalah Adobe Premiere dan Vegas Pro. Dengan menggunakan fitur ini aplikasi akan secara otomatis membaca dan mengatur pencahayaan pada video tersebut yang sesuai dengan video ini. Jadi warna dan tekstur dalam video tidak akan kabur karena aplikasi akan secara otomatis mengatur hal tersebut. Dengan menggunakan fitur ini kita dapat lebih mudah untuk mengedit video gelap menjadi video yang sangat terang tanpa harus melakukan langkah yang banyak.