Uncategorized

asal usul bahasa indonesia

 

Bahasa Indonesia kini adalah bahasa resmi NKRI. ternyata punya sejarah panjang. Berikut ini asal usul bahasa indonesia yang perlu diketahui.

Asal usul bahasa Indonesia dipengaruhi oleh bahasa Melayu yang telah tersebar ke berbagai tempat di nusantara. Melayu sendiri mengacau untuk menyebut kawasan Malaya.

Bahasa Melayu kuno yang berkembang di Bumi Melayu dengan pengucapan loghat “o” seperti juga yang berkembang di Melayu Minangkabau, Jambi, Palembang, Bengkulu dan Kerinci,.

Pada perkembangannya, orang orang Melayu bermigrasi ke Semenanjung Malaysia  dan migrasi makin meningkat pada masa perkembangan kerajaan-kerajaan Islam yang pusatng di Kesultanan Malaka.

Kemudian istilah Melayu bergeser kepada Semenanjung Malaka (Semenanjung Malaysia).  akhirnya disebut Semenanjung Melayu atau Tanah Melayu. kenyataannya istilah Melayu asalnya  dari Indonesia. Bahasa Melayu yang berkembang berlogat “e” berada di sekitar daerah Semenanjung Malaka.

Saat kesultanan Malaka dihancurkan Portugis tahun 1512. penduduknya diaspora hingga ke wilayah timur nusantara. bahasa melayu purba kemungkinan dari pulau kalimantan.

Diduga penutur bahasa Melayu cikal bakal bahasa Indonesia bukan penduduk asli Sumatra, tapi adalah orang orang dari Kalimantan. Suku Dayak  Salako, Iban, dayak Kanayatn, misalnya adalah  suku dayak berlogat melayu a, seperti bahasa melayu baku. Kemudian pada perkembangannya istilah melayu alami perluasan makna hingga muncul istilah kepulauan melayu atau kepulauan nusantara dan bahasa melayu mulai diserap menjadi bahasa Indonesia.